Pages

Jumat, 11 Juli 2014

Fakta Unik Metallica




1
Metallica adalah band pertama dan satu-satunya dimana Lars Ulrich pernah bergabung hingga saat ini.

3
Selama lebih dari 14 tahun masa karirnya bersama Metallica (1986 - 2001), Jason Newsted tercatat hanya pernah terlibat dalam penulisan 3 buah lagu saja : 'Blackened' (...And Justice for All - 1988), 'My Friend of Misery' (Metallica (Black Album) - 1991), dan 'Where the Wild Things Are' (ReLoad - 1997). Sementara bassist terbaru Metallica, Rob Trujillo sejak bergabung tahun 2003 sudah tercatat sebagai co-writer dalam 17 lagu (10 dari Album Death Magnetic, 4 dari EP Beyond Magnetic, 2 single Lords of Summer versi 2014 dan 2016, dan 1 lagu dari album 2016 Hardwired... To Self-Destruct)

4
Metallica adalah salah satu dari The Big 4, julukan dari media dan fans bagi empat band terbesar dalam sejarah awal subgenre thrash metal bersama Slayer, Megadeth, dan Anthrax. Sebagian musisi metal menambahkan satu band lagi menjadi big 5 yaitu Exodus, terutama era vokalis Paul Baloff, karena aksi panggung band ini dan fans mereka yang atraktif hingga turut menyebarkan kepopuleran subgenre thrash metal. Atraksi panggung itu kemudian menjadi cikal bakal aksi penonton headbang, moshing, dan stage dive. Keempat band ini pernah adakan tur dengan nama The Big Four Show tahun 2010 (Eropa) dan 2011 (USA).

5
Lima band yang berpengaruh dalam awal perkembangan musik thrash metal adalah Metallica (dikenal sebagai pionir aliran ini), Slayer (dikenal dengan musik paling 'heavy' diantara yang lain), Megadeth (State of the art atau berteknik tinggi), Anthrax (musiknya dinilai membuka peluang aliran thrash dikawinkan dengan aliran lain / crossover), dan Exodus (aksi panggung yang atraktif). Uniknya kelima band ini memiliki keterkaitan : Gitaris Megadeth (Dave Mustaine) adalah bekas anggota Metallica, Gitaris Slayer (Kerry King) pernah satu band dengan Dave Mustaine, Salah satu eks vokalis Anthrax (John Bush) pernah ditawari jadi vokalis Metallica meski menolak, dan Kirk Hammett adalah bekas gitaris Exodus. Selain Anthrax yang berasal dari New York, 4 band lainnya berasal dari California.

5 Personel
Metallica pernah satu kali manggung sebagai band dengan 5 personel (five-piece band) yaitu Lars Ulrich, James Hetfield, Ron McGovney, Dave Mustaine, dan Brad Parker alias Damien C. Phillips yaitu tanggal 23 April 1982 di Concert Factory, Costa Mesa, California. Saat itu James murni vokalis, mereka membawakan 8 lagu : Hit the Lights, Blitzkrieg, Metal Militia, Jump in the Fire, Helpless, Sucking My Love, the Mechanix, Let it Loose. Saat anggota lain bersiap di ruang ganti, Brad Parker muncul duluan di panggung dan mainkan solo gitar. Kelakuan Brad itu yang membuat James memutuskan nyanyi sambil main gitar dan tak lagi mengajak Brad Parker. [sumber : Wawancara Ron McGovney 1997]

9
Metallica meraih 9 penghargaan Grammy Award sepanjang karirnya dari 19 kali dinominasikan sejak 1989 hingga 2015. Sejumlah 6 Grammy diraih untuk kategori Best Metal Performance: 
1. Tahun 1990 untuk single 'One'
2. Tahun 1991 untuk lagu 'Stone Cold Crazy' (album kompilasi Rubaiyat 40th Elektra Anniversary)
3. Tahun 1992 untuk album Metallica
4. Tahun 1996 untuk lagu 'Better Than You'
5. Tahun 2004 untuk lagu 'St. Anger'
6. Tahun 2008 untuk lagu 'My Apocalypse'

Dan masing-masing 1 Grammy untuk kategori : 
Best Hard Rock Performance tahun 2000 : lagu 'Whiskey In the Jar'
Best Rock Instrumental Performance tahun 2001: 'The Call of Ktulu' dalam album S & M 
Best Recording Package tahun 2009 :box set Death Magnetic.


Alcoholica
Dalam majalah 'So What!' Edisi awal, dijelaskan bahwa Alcoholica adalah julukan untuk Metallica yang muncul sekitar tahun 1985 di Eropa. Julukan ini beredar karena kegemaran Metallica berpesta dan minum alkohol. Ironis sebenarnya, mengingat mereka pernah memecat Dave Mustaine dengan alasan kecanduan alkohol. Seorang fan pernah terlihat memakai t-shirt bergambar mirip sampul Album Kill 'Em All, tapi bukan gambar palu dan darah melainkan gambar botol yang tumpahkan vodka serta tulisan Alcoholica dengan bentuk mirip logo Metallica. Band ini sangat menyukainya dan James terlihat pernah memakai kaus kutung dengan gambar tersebut. 

Apocalyptica
Nama sebuah band berasal dari Finlandia, beranggotakan kuartet pemain cello. Mereka meluncurkan album tribute Metallica tahun 1996 dengan judul Plays Metallica by Four Cellos. Mereka juga membuat video lagu 'Enter Sandman'. Grup ini pernah diundang Metallica untuk tampil bersama dalam konser khusus anggota MetClub dalam rangka 30 tahun Metallica di Fillmore tanggal 05 Desember 2011, mainkan lagu ‘No Leaf Clover’ dan ‘One’.

Believe
Judul awal lagu ‘Cure’ di album Load (1996), diambil dari lirik ‘I Do Believe’ yang dinyanyikan berulang.



Blackened Recordings
Setelah 28 tahun bekerjasama, pada 30 November 2012 Metallica putus kontrak dengan Warner Music Group dan mendirikan label sendiri bernama Blackened Recordings. Label ini mengambil alih seluruh produksi dan distribusi semua master rekaman termasuk video berdurasi panjang. Label ini juga mengurus sendiri promosi dan pemasaran produknya. Untuk distribusi wilayah Amerika Utara (USA dan Canada) mereka bekerjasama dengan Rhino Entertainment, sedangkan untuk distribusi internasional dengan Universal Music Group. Lars menyatakan: "Mendirikan Blackened Recordings merupakan langkah penting dalam independensi kami, dimana 100% nasib dan masa depan karya kami bisa kami atur dan kendalikan sendiri."



Blitzer
Salah satu nama yang pernah menjadi kandidat untuk nama band sebelum Metallica. Nama lainnya yang juga muncul: Grinder, Red Vette, Leather Charm, Hcirlu Sral, Dungeon, Thunderball, Execution, Exterminator, Helldriver, Blast, Reptile, Deathwish, Overkill, Militia, Napalm, Vietnam, Black Widow, Deaththreat, Deathchamber, Deathray, Flying Tigers, Dumb Fuck, Nixon, Nix, Bad Musicians, Big Mouth and Friends, Empty Barrel, Empty. Beberapa coretan Lars Ulrich tentang calon nama-nama band-nya ini pernah muncul di majalah khusus fan club, So What! edisi 3.1 tahun 1996 seperti dalam foto di atas.


Blood and Semen III
Judul gambar sampul Album Load. Merupakan karya fotografi Andres Serrano. Subyek foto adalah darah sapi dan air mani sang fotografer, dijepit dengan pelat kaca kemudian difoto. Kirk Hammett yang melihatnya tertarik untuk menggunakannya sebagai gambar sampul. Konsep sampul album dan ilustrasi album Load dan juga ReLoad banyak mendapat penentangan dari James Hetfield.






Bootleg
Di awal karirnya Metallica dikenal luas di Amerika Serikat berkat peredaran kaset bootleg demo-demo mereka seperti Power Metal Demo dan terutama No Life Til Leather Demo [tentang sejarah ini lihat : Metallica 1981-1985 atau tentang Demo Metallica]. Metallica sendiri hingga sekarang juga menjual rekaman konser mereka dalam format digital (download berbayar) dan CD audio. 
Bootleg dalam istilah musik digunakan untuk semua rekaman live yang kemudian diperbanyak sendiri lalu disebarkan dari satu tangan ke tangan lain. Biasanya fans masuk ke tempat konser dan ingin merekamnya dengan menyembunyikan alat rekam di dalam sepatu boot mereka agar lolos dari pemeriksaan. Format bootleg bisa berupa vinyl, kaset, hingga cd dan file digital. Namun istilah itu kini juga digunakan untuk menyebut semua produk bajakan yang beredar tidak resmi/tidak seijin pemilik lisensi. Bahkan James Hetfield sendiri dalam video Orgullo, Pasion y Gloria, menyebut bootleg untuk kaos, ketika membahas banyaknya penjual kaos tidak resmi di sekitar lokasi konser. Namun secara umum, dalam dunia musik, istilah bootleg diperuntukkan untuk rekaman ‘live’, dalam konser ataupun latihan studio. Sumber suara yang direkam bisa saja dari soundboard (mixer audio saat konser), ataupun dari sisi audiens yang mengacungkan mikrofon ke arah speaker. 

Chophouse
Nama studio di rumah Jason Newsted, tempat dia mengerjakan hampir seluruh proyek sampingannya di luar Metallica hingga sekarang.



Cliff ‘Em All
Video yang dirilis tahun 1988, berisi cuplikan video dokumenter band dan konser yang melibatkan Cliff Burton, bahan dari rekaman resmi band dan juga bootleg (bahan syuting dari audiens). [cek VHS, DVD, dan Film Metallica]










Corporate Gig
Sudah dua kali Metallica menerima undangan konser tertutup untuk umum dari sebuah perusahaan, hanya khusus di hadapan para karyawannya. Pertama kali pentas atas permintaan perusahaan penyedia game Activision saat meluncurkan game Call of Duty: Black Ops pada tanggal 04 November 2010 di Hangar 8, Santa Monica Airport (bawakan 12 lagu). Sedangkan pentas kedua adalah atas undangan perusahaan cloud computing bernama Salesforce.com pada tanggal 09 Februari 2015. Mainkan 14 lagu. Dengan perusahaan yang disebut terakhir, ini adalah kerjasama kedua setelah 21 Agustus 2011 konser dalam konvensi tahunan Salesforce.com yang bertajuk Dreamforce (tapi bukan konser tertutup). Meskipun tertutup untuk umum, dalam kedua konser ini ratusan anggota Metallica Club boleh masuk secara gratis (setelah diundi di website resmi MetClub tentunya). Menurut Blabbermouth.net biaya menghadirkan artis untuk corporate gig berkisar US$ 500.000 sampai US$ 1 juta. 

Cthulhu
Makhluk karangan H.P Lovecraft yang pernah dimuat di majalah 'Weird Tales' tahun 1928. Majalah tersebut disukai oleh Cliff Burton dan Kirk Hammett yang memang menyukai hal-hal berbau horror. Makhluk ini digambarkan sebagai makhluk mengerikan bertentakel yang tinggal di dalam laut, dia akan bangun dan mendatangi siapa saja yang menyebut atau menulis namanya. Entah percaya tahayul atau soal hak cipta, Metallica mengganti namanya menjadi Ktulu ketika dijadikan judul lagu instrumental dalam album Ride The Lightning, The Call of Ktulu.

Devil’s Dance
Lagu ini seharusnya masuk di album Load, tapi kemudian ditarik kembali dan diluncurkan dalam album ReLoad. Sering dimainkan live sebelum album Load dirilis resmi.



Doris
Julukan untuk patung Lady Justice (patung dewi keadilan yang digunakan sebagai gambar sampul album ...And Justice for All) yang sering dipajang sebagai properti panggung saat tur Damage Justice, Full Arsenal, dan syuting film Metallica Through the Never.





Dungeon
Selain pernah dijadikan sebagai kandidat nama band sebelum ‘Metallica’, Dungeon juga menjadi sebutan untuk studio mini di basement rumah Lars Ulrich di San Francisco. Studio ini sering digunakan untuk menggarap demo album ...And Justice for All , Metallica (Black Album) hingga Load/ReLoad. Biasanya hanya Lars Ulrich dan James Hetfield yang kerjakan materi lagu berdasarkan gagasan dari seluruh anggota band.

Ecstasy of Gold
Lagu instrumental karya Ennio Morricone, yang digunakan sebagai soundtrack film The Good, the Bad, and the Ugly. Lagu ini, bersama cuplikan filmnya, diputar sebagai pembuka konser Metallica sejak tahun 1983. Metallica sendiri pernah meng-cover lagu ini untuk Album Kompilasi We All Love Ennio Morricone (2007). Tercatat hanya 1 kali Metallica memainkan secara live lagu ini, yaitu 28 Juli 2009 di Copenhagen Denmark.

Escape
Track ke-6 dalam Album Ride the Lightning. Judul awalnya adalah 'The Hammer'. Sejak diluncurkan tahun 1984, lagu ini hanya dimainkan live satu kali saja yaitu dalam show di Orion Music + More Festival tanggal 23 Juni 2012. Rumor yang beredar adalah lagu ini merupakan 'pesanan' pihak label dan distributor yang meminta mereka membuat lagu yang lebih lunak, untuk menjaring konsumen yang kurang menyukai musik thrash. James sendiri mengatakan sebelum memainkan secara live bahwa tak ada satu anggota band pun yang ingin memainkan lagu ini. Kirk Hammett menjelaskan kepada rollingstone.com bahwa keengganan mereka memainkan lagu ini adalah murni alasan teknis : "Lagu ini tak bagus dimainkan live, nadanya di A, dan kami sering tak nyaman mainkan nada A, meskipun Ktulu dan Metal Militia juga di kunci A". [sumber : wawancara dengan rollingstone.com]

F.O.B.D.
Judul awal lagu yang direkam 8 Desember 1995. Merupakan versi awal atau demo lagu 'Until It Sleeps'. Merupakan singkatan dari lagu 'Fell on Black Days' karena musiknya mengingatkan pada lagu milik Soundgarden itu. Dalam cd Fan Can 1 juga terdengar mereka menyebut “fell on black days” sebelum mulai jamming lagu Until It Sleeps.

Gitar Solo James
Meskipun gitar solo biasanya diciptakan dan dimainkan oleh lead gitarist Kirk Hammett, namun James Hetfield tercatat sering ciptakan dan main gitar solo dalam lagu-lagu Metallica. Bahkan dalam lagu 'Nothing Else Matters' gitar solo dilakukan secara penuh oleh James. Lagu lain dari rekaman album (studio) yang terdapat solo gitar oleh James selain Nothing Else Matters (sebagian berbagi solo dengan Hammett) antara lain : Master of Puppets, To Live is To Die, The Unforgiven, My Friend of Misery, The House Jack Built, Thorn Within, The Outlaw Torn, Carpe Diem Baby, Turn the Page, Whiskey in the Jar, Overkill, Damage Case, Stone Dead Forever, Too Late Too Late, Ecstasy of Gold, Suicide & Redemption, Just A Bullet Away. [sebagian bisa lihat di video All of James Hetfield's guitar solos (studio)] Namun saat live, mereka sering berbagi tugas, yang kadang berbeda daripada saat mereka rekaman album di studio. Kadang James mainkan sebagian solo Kirk, atau Kirk mainkan riff James. Untuk membedakan gitar siapa yang sedang main saat mendengar rekaman live mereka sederhana saja, yaitu suara gitar James lebih kuat di sisi kiri, sedangkan suara gitar Kirk lebih kuat di sisi kanan anda.



Guinness Book
Metallica masuk dalam buku Guinness Book of World Records edisi 2015 untuk kategori "Pemusik pertama yang lakukan konser di seluruh 7 kontinen di bumi ini (Eropa, Afrika, Asia, Australia, Amerika Selatan, Amerika Utara (jadi satu dengan kutub utara) dan kutub selatan) dalam satu tahun. Rekor ini terpenuhi saat mereka main di depan 120 ilmuwan dan pemenang kontes di Carlini Station, Antartika, tanggal 8 Desember 2013.

Grant, Lloyd
Gitaris pertama selain James Hetfield yang terlibat dengan Metallica. Mengisi solo gitar pada lagu pertama Metallica yang masuk rekaman, yaitu: Hit The Lights, dalam album Kompilasi ‘Metal Masacre’ yang terbit tahun 1982. Masih menjadi perdebatan di kalangan fans, apakah Lloyd Grant dianggap sebagai anggota atau hanya tamu, karena secara teknis dia hanya mengisi solo gitar saja, dan tak pernah sekalipun ikut manggung. Kemungkinan besar dia memang hanya dilibatkan oleh Lars Ulrich untuk keperluan mengisi solo gitar dalam album kompilasi Metal Masacre tersebut, bukan sebagai anggota.

Hatred Aside
Lagu Sepultura dari album Against, dimana Jason Newsted ikut andil dalam penciptaan liriknya. Jason juga mainkan gitar bariton serta andil dengan vokal seraknya.




I am The Table
Potongan lirik yang menghebohkan fans Metallica karena James Hetfield seperti mengucapkan frase itu pada bagian outro lagu 'The View' (kolaborasi dengan alm. Lou Reed dalam album Lulu). Lirik aslinya adalah "I am the tablet". Kehebohan ini di internet kemudian melahirkan meme (gambar lelucon) untuk James.



Logo
Logo pertama Metallica adalah ciptaan James Hetfield, termasuk desain Scary Guy (tengkorak berjambul seperti dalam sampul Box Set Live Shit: Binge and Purge, atau beberapa sampul Single dan EP seperti dalam EP 'live at Wembley Stadium' dan single 'One - live'. James juga berperan dalam penciptaan logo Metallica lainnya seperti logo era Load/ReLoad, 'M' Ninja Star, era St. Anger, dan era Death Magnetic.





Memory Remains (dialog)
Dalam outro lagu kedua di Album ReLoad ini, penyanyi tamu Marianne Faithfull ucapkan : "Say yes. At least say hello." Kalimat itu diambil dari film favoritnya berjudul 'The Misfits' yang diperankan oleh Marilyn Monroe.

Metal Massacre
Album kompilasi yang berisi lagu-lagu dari band underground terutama di area California. Diproduksi oleh teman Lars, Brian Slagel, pemilik Metal Blade Records. Sebelum memulai produksi Metal Masacre edisi pertama, Lars meminta jatah 1 lagu kepada Brian meskipun saat itu (tanpa sepengetahuan Brian) Lars bahkan belum memiliki sebuah band, dan Brian pun menyanggupi. Ini adalah rekaman studio Metallica pertama kali yang beredar secara resmi (demo No Life Til Leather juga direkam di studio namun beredar secara bootleg).

Metal Milita
Selain judul lagu terakhir Album Kill Em All, Metal Militia juga digunakan sebagai nama pertama fans club Metallica sebelum kemudian berubah menjadi The Metallica Club di akhir 1993.

Metal Up Your Ass
Judul album pertama Metallica yang diinginkan oleh anggota band namun ditolak oleh label dan distributor. Mendengar penolakan itu, Cliff Burton berreaksi dengan mengatakan : "Just kill 'em all, man". Ternyata anggota lain menyukai kalimat itu dan merubah judul album menjadi Kill 'Em All.

Nama Palsu
Metallica pernah menggunakan nama palsu saat pentas (biasanya untuk membuat kejutan kepada penonton), yaitu : 
The Four Horsemen (San Francisco, 20 Juli 1984), 
Frayed Ends (LA, 24 Mei 1988), 
The Lemmy's (saat pesta ultah Lemmy Kilmister di West Hollywood, CA 14 Desember 1995), 
Spun (SF, 4 Juni 2002), 
Volsung (peluncuran video game "Guitar Hero: Metallica" di Austin, Texas, 20 Maret 2009) 
Dehaan (di acara Orion Music + More Festival, Detroit, 08 Juni 2013).

Only Thing
Judul asli demo lagu yang kemudian menjadi lagu Orion dan Welcome Home (Sanitarium) dalam album Master of Puppets. Awalnya Only Thing adalah lagu instrumental, namun atas masukan Cliff Burton lagu itu dijadikan 2 lagu : Orion (full instrumental), dan Welcome Home (Sanitarium) yang bersyair.

Pancakes / Pancakes Go!
Dalam film dan cd soundtrack Metallica Through The Never (2013), dan juga sering kali saat live show mainkan lagu Master of Puppets, James Hetfield teriakkan kata "Pancakes" atau "Pancakes Go!" sesaat sebelum solo gitar Kirk Hammett masuk (ini videonya : Master of Pancake Compilation). Lirik sebenarnya adalah "Fix me!" Sejarah frase ini berawal dari tahun 1986, ketika drummer Anthrax, Charlie Benante, penasaran dan menanyakan kepada Cliff Burton ketika dua band ini tur bareng : "Apa yang diteriakkan James di lagu Master itu?" dan Cliff pun menjawab dengan bercanda : "Pancakes." (ini videonya : Cliff Burton and the pancakes story). Kisah ini diceritakan Benante kepada James Hetfield saat bertemu kembali di Sonisphere festival di Warsawa, Polandia 16 Juni 2010, saat pertama kalinya "Big 4" main satu panggung. Mendengar ini James berterima kasih kepada Benante, dan hari itulah pertama kalinya "Pancakes" diteriakkan oleh James untuk mengenang Cliff Burton yang pernah mengaku bahwa lagu Master of Puppets adalah lagu favoritnya.

Namun demikian penulis menemukan James tidak teriakkan 'pancakes' di lagu itu dalam beberapa event, diantaranya (mungkin lebih dari ini) : 8 November 2014 dlm acara Blizzcon di Anaheim, CA, kemudian dalam Concert for Valor 11 November 2014 di Washington, DC, yang ketiga saat lakukan corporate gig untuk Salesforce.com tanggal 9 Februari 2015 di San Francisco, CA, dan dalam Rock im Revier Festival di Gelserkirchen, Germany, 29 Mei 2015. Selebihnya, hingga konser terakhir Rasputin Music, Berkeley, CA, 16 April 2016, pancakes were back!

Piss and Blood
Judul karya fotografi ciptaan Andres Serrano yang digunakan sebagai sampul Album ReLoad. Objek foto adalah darah dan urine.

Pushead
Nama desainer cover single 'One', 'Harvester of Sorrow' serta sampul eksterior dan interior Album St. Anger. Bernama asli Brian Schroeder, dia banyak mendesain poster konser dan kaos-kaos Metallica. Seniman lain yang karyanya pernah digunakan Metallica antara lain: Tony Squindo, Mark Devito, Dirty Donny, Andie Airfix, Andres Serrano, Richey Beckett.

Quintana, Ron
Sahabat Lars Ulrich dan pencipta nama Metallica. Pada awal 1982 Quintana akan menerbitkan sebuah majalah untuk para penggemar musik metal di area California. Dia bicarakan usulan nama untuk majalahnya kepada Lars Ulrich, ada dua pilihan nama pada saat itu : Metal Mania dan Metallica. Lars tertarik menjadikan Metallica sebagai nama bandnya, dan mendorong Quintana untuk menggunakan nama Metal Mania untuk majalahnya.

Radio City, Anaheim CA
Lokasi bersejarah bagi Metallica, karena merupakan tempat pertama kalinya mereka pentas dengan nama Metallica, pada 14 Maret 1982. Mereka membawakan 2 lagu asli (Hit the Lights dan Jump in the Fire) dan 7 lagu cover. Menurut Lars Ulrich, pentas ini adalah pentas paling berkesan dari seluruh show mereka karena saat itu mereka masih sangat muda, tidak memiliki kru, dan tak punya gitar cadangan. Sialnya, baru mainkan lagu pertama, senar gitar Dave Mustaine putus, dan ruangan terasa sunyi ketika menunggu Dave mengganti senarnya. "Sepuluh menit yang terasa lama sekali. James mencoba melucu seperti standup komedian, tapi gagal. Aku sembunyi di balik bass drum-ku. Rasanya ingin lari ke luar ruangan", kata Lars menggambarkan [sumber : Majalah So What! edisi 1.1 thn 1994]

Recycler, The
Surat kabar tempat Lars Ulrich memasang pengumuman mencari teman ngejam lagu-lagu heavy metal. Pemasangan iklan pertama direspon oleh James Hetfield, dan yang kedua datanglah Dave Mustaine.

So What!
Majalah internal khusus anggota The Metallica Club / Met Club (fans club resmi Metallica), yang terbit sejak tahun 1994 dan menghentikan versi cetaknya tahun 2015 (Met Club berdiri tahun 1993, fans club sebelumnya bernama Metal Militia). Sebelum keanggotaan Fan Club digratiskan pada bulan Oktober 2015, setiap anggota yang membayar iuran tahunan ($60 untuk anggota di luar USA) akan mendapat 4 edisi So What! dalam setahun / 3 bulan sekali. Selain itu anggota juga mendapatkan kaos khusus anggota, kartu anggota, foto bertandatangan (reprinted), dan surat ucapan selamat datang dari salah satu anggota band. Setelah keanggotaan digratiskan, semua paket keanggotaan dihentikan, diganti dengan konten digital di situs metallica.com


Spastik Children
Adalah band ‘main-main’ yang dibentuk oleh Fred Cotton. Saat senggang rekaman atau tour, James Hetfield bergabung sebagai drummer (ya benar, drummer) menggantikan Rich ‘Jumbo’ Sielert. Cliff Burton juga ikut bergabung sebagai bassist yang kemudian tugas nge-bass dipegang Kirk Hammett setelah Burton tewas. Tercatat beberapa artis rock/metal pernah bergabung di band ini : Jason Newsted – gitar (bassist Metallica 1986 – 2001), Paul Baloff – vokal (vocalist awal Exodus), Gary Holt - gitar (gitaris Exodus dan Slayer), Jim Martin – bass / vocal (gitaris Faith No More awal), Doug Piercy – gitar (gitaris Heathen), dan Jose Valdes – gitar ritem.

Tommy's Joint
Nama restoran di San Francisco yang menyediakan menu daging, kentang, dan bir. Metallica sering nongkrong di sini di awal karirnya. Di tempat ini pula Jason Newsted diberitahu bahwa dia diterima bergabung dengan Metallica pada 28 Oktober 1986 dan kemudian diplonco dengan minum bir sebanyak mungkin.

When Hell Freezes Over
Judul asli lagu instrumental Metallica pada album Ride The Lightning, 'The Call of Ktulu'.

Whiplash
Single pertama mereka, diambil dari album Kill 'Em All. Tema lagu tentang kondisi sebagai band dan fans Metallica saat tur/tampil live. Lagu dibuat di tengah proses rekaman album. Band Motorhead meng-cover lagu ini dan memperoleh penghargaan Grammy Award.

Zazula, John/Johnny
Seorang pemilik toko musik ‘Rock and Roll Heaven’ di New York yang juga menjual rekaman bootleg band-band indie AS dan Eropa. Johnny Z-lah yang menawarkan diri untuk menjadi manajer Metallica dan mencoba menawarkan mereka kepada label besar. Karena ditolak, Johnny Z akhirnya mendirikan sendiri label rekaman bernama Megaforce Records, yang memproduksi album Kill 'Em All dan Ride The Lightning. Tanggal 2 agustus 1984 John Z tak lagi jadi manajer Metallica.

21 komentar:

  1. Infonya menarik dan sangat bermanfaat buat saya yang juga penggemar berat Metallica. Dan banyak rahasia Metallica yang baru saya ketahui setelah membaca artikel ini. Saya ingin meralat sedikit artikelnya, yaitu soal pemasangan iklan. Iklan di harian The Recycler sebenarnya dipasang oleh James Hetfield. Bunyinya kira-kira begini, "Dicari musisi yang serius dan siap bertempur menuju dapur rekaman". Iklan tersebut di tanggapi oleh Lars Ulrich. Singkat cerita, mereka berdua sepakat membentuk sebuah band. James Hetfield kembali memasang iklan di The Recycler guna mencari gitaris dan bassis. Dave Mustaine menyambar tawaran James yang memang ngebet ingin punya band sendiri. Sedangkan untuk menggaet Cliff Burton, James c.s harus bela-belain pindah ke San Francisco agar cowok ini mau bergabung. Cliff sendiri adalah bassis Trauma. Sebelum menjelma menjadi Metallica, band ini sempat bernama TOYMA singkatan dari The Young Metal Attack. (sumber: HAI Klip edisi Metallica, 2003.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Saya juga memiliki HAIklip edisi Metallica thn 2003 tersebut, dan informasi di dalamnya juga banyak dikutip untuk dimasukkan dalam laman wikipedia (bahasa indonesia). Sayang sekali saya harus katakan bahwa tulisan majalah HAI itu tidak benar. Isi dari HAIklip tersebut berbeda dengan info yang saya kumpulkan di situs resmi Metallica (www.metallica.com), atau situs harian The Recycler sendiri (www.recycler.com) http://en.wikipedia.org/wiki/Metallica, situs-situs terpercaya seperti ultimatemetallica.com, blabbermouth.net, drumlessons.com dan terutama majalah yang dikeluarkan oleh Metallica sendiri untuk fans nya : So What! edisi tahun 1993. Semua sumber tersebut menyatakan bahwa Lars Ulrich yang memasang iklan dan James merespon (sebenarnya James diajak oleh Hugh Tanner untuk bertemu Lars). Disamping itu dari sumber2 tadi tidak ada yang menyebutkan tentang The Young of Metal Attack sebagai nama awal Metallica, meskipun tetap saya tulis di salah satu bagian blog ini karena tidak saya temukan artikel bantahannya. Jadi hingga saat ini saya tidak akan meralat informasi tersebut yang juga saya tuliskan di blog ini http://tentang-metallica.blogspot.com/2013/11/sejarah-metallica-1981-1985.html

      Hapus
  2. infonya sangat menarik gan, secara mantap pembahasannya mendetail dari A - Z, sukses selalu, metallica joss tenan

    BalasHapus
  3. Wow..., jadi TOYMA tu ga ada ya? Thanx infonya sob. Oyez, aq juga bikin A-Z Metallica q sendiri yang aq kumpulin dari berbagai sumber termasuk dari artikel ini tapi hanya untuk konsumsi pribadi. Setelah satu tahun artikel sob dah ada yang nambah n semoga selalu nambah supaya penggemar Metallica di tanah air tau dengan band favorit mereka. Pisss...

    BalasHapus
  4. Artikelnya aq share di Facebook. Boleh ya sob... :) :) :)

    BalasHapus
  5. mantap baget deh metalika aku senangngefan ma permainan gitar elektriknya...

    BalasHapus
  6. CARI GITAR ELETRIK BEKAS

    http://jualgitarelektrikjakarta.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  7. Sob, tahun 2008 yang lalu temen q pernah cerita kalau lirik lagu dalam To Live Is To Die ditulis oleh Cliff Burton di sela-sela konser promo album Master of Puppets. Itu bisa dilihat di credit title yang hanya mencantumkan nama Cliff Burton. James Hetfield tanpa sengaja menemukan lirik lagu yang ditulis oleh Cliff ditempat barang-barang pribadi sang bassis tak lama setelah dia meninggal. James kemudian menulis aransemen musik untuk lirik lagu yang hanya terdiri dari empat bait tersebut tanpa mengubahnya sedikitpun dengan alasan menghormati Cliff Burton. Yang jadi pertanyaan q: Apa bener tu sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya, lirik yang hanya 4 baris di lagu To Live is To Die memang ditemukan dalam catatan yang ditinggalkan oleh Cliff Burton. Bahkan aransemen bass dalam lagu ini adalah karya Burton yang sempat tersimpan namun belum masuk ke dapur rekaman. Metallica juga menulis credit untuk lirik ini hanya untuk Burton. Namun sebenarnya sebagian dari lirik tersebut adalah puisi karya penyair asal Jerman, Paul Gerhardt : “When a man lies, he murders some part of the world. These are the pale deaths which men miscall their lives.” yang dimuat di buku Lord Foul's Bane, Book One of the series "The Chronicles of Thomas Covenant the Unbeliever" oleh Stephen R. Donaldson. Sedangkan syair berikutnya : "All these I cannot bear to witness any longer, Cannot the kingdom of Salvation, Take me Home" diyakini sebagai karya Cliff sebenarnya.

      Hapus
  8. apakah benar selama bergabung di metallica jason diperlakukan sebagai anak tiri oleh kirk-lars-jason?

    BalasHapus
  9. Buat Anonim: Menurut majalah Hai Klip edisi Metallica (2003) yang q baca, Jason ga diperlakukan seperti anak tiri melainkan sering dikerjai oleh personel Metallica yang lain. Sebagai contoh, kamar jason sering diacak-acak dikala konser bahkan Kirk Hammett pernah menyebut Jason sebagai gay tapi Kirk mengakui leluconnya kelewatan dan minta maaf dikemudian hari. Biar lebih jelas mah tanya aja sma Nick Tallica, Hehehehehehe....

    BalasHapus
  10. Q mw tanya lage ne sob, hehehehe... Waktu Metallica konser di Jakarta taon 2013 kemaren pa bener mereka nyanyiin lagu Goyang Sitik Jos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... tidak ada. Video di youtube itu memang editan kreatif yang tidak terjadi. Untuk melihat setlist (daftar lagu yang dimainkan di konser) Metallica, silakan klik di website mereka https://metallica.com/tour/past

      Hapus
    2. Hikhikhik... Eneng2 wae.

      Hapus
  11. Sob,setelah q nanya beberapa hal soal Metallica sekarang q mau tanya soal u. Apa yang membuat u kecantol sama Metallica? Truz, band metal apa aja yang u suka selain Metallica?

    BalasHapus
  12. Bagus sekali isinya, sy adalah salah satu fan METALLICA yg sangat kehilangan Jason Newsted. METALLICA bagi saya sudah tidak seperti dulu waktu masih ada Jason Newsted..kurang greng !

    BalasHapus
  13. Bolavita adalah agen judi online dengan berbagai game menarik.

    - Casino online
    - Bolatangkas
    - Taruhan bola online / sportsbook
    - Poker Online
    - Tembak ikan
    - Slot Game
    - Togel online SGP / HK / KL

    • Baccarat
    • Dragon Tiger
    • Roulette
    • Sic Bo
    • Niu-Niu
    • Sakong
    • Fan Tan

    Untuk Proses Deposit dan withdraw cepat bisa melalui.
    Wechat : Bolavita
    WA : +6281377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    Bonus Deposit + Cashback, Kunjungi Website Kami di bolavita club

    BalasHapus
  14. Wah asli sih, lagu-lagu metallica tuh favorit babeh urg pisan! btw artikelnya makasi banyak yah!

    BalasHapus
  15. Tak ada kata lain selain "abadi"

    BalasHapus