Pages

Selasa, 12 November 2013

Album Metallica (The Black Album) - 1991

METALLICA (THE BLACK ALBUM)
Rilis: 
12 Agustus 1991
Rekaman: 
6 Oktober 1990 – 16 Juni 1991, One on One Recording Studios
Durasi: 
62:31
Label: 
Elektra, Vertigo, Universal
Produser: 
Bob Rock, James Hetfield, Lars Ulrich

Album ini meraih Grammy Award tahun 1992 dalam kategori Best Metal Performance.

Tracklist:
1.      Enter Sandman (Hetfield, Ulrich, Hammett) 5:31
2.      Sad But True (Hetfield, Ulrich) 5:24
3.      Holier Than Thou (Hetfield, Ulrich) 3:47
4.      The Unforgiven (Hetfield, Ulrich, Hammett) 6:26
5.      Wherever I May Roam (Hetfield, Ulrich) 6:44
6.      Don’t Tread on Me (Hetfield, Ulrich) 4:00
7.      Through The Never (Hetfield, Ulrich, Hammett) 4:04
8.      Nothing Else Matters (Hetfield, Ulrich) 6:28
9.      Of Wolf and Man (Hetfield, Ulrich, Hammett) 4:16
10.  The God That Failed (Hetfield, Ulrich) 5:08
11.  My Friend of Misery (Hetfield, Ulrich, Newsted) 6:48
12.  The Struggle Within (Hetfield, Ulrich) 3:55

Japan bonus track:
13.  So What? (Anti-Nowhere League cover) 3:09


Begitu dirilis resmi, album ini langsung jadi nomor satu di 10 negara, dan 4 minggu berturut-turut menduduki puncak tangga Billboard 200, menjadikan album ini adalah album pertama Metallica yang menduduki puncak tangga. Pada 13 Desember 2012, album ini mendapat sertifikat 12x platinum dari RIAA, alias terjual 12 juta kopi hanya di USA saja. Metallica mainkan seluruh lagu dalam European Black Album Tour 2012. Bahkan hingga Mei 2014 album ini telah terjual 16 juta kopi atau 16x platinum. Ini adalah rekor penjualan tertinggi untuk kategori musik metal seperti diungkap oleh metalinjection.com.

Rekaman dan Produksi
Pembuatan album terutama dilakukan oleh James dan Lars, dengan James yang menjadi penulis lirik utama. Mereka berdua sering bertemu di rumah Lars di Berkeley, California untuk lakukan komposisi. Beberapa ide lagu dan konsep diberikan oleh anggota lain, Kirk dan Jason. Contohnya, Newsted adalah penulis riff utama  lagu ‘My Friend of Misery’, yang awalnya dimaksudkan menjadi lagu instrumental seperti yang selalu ada di album sebelumnya. Sedangkan Kirk adalah pencipta riff utama Enter Sandman. Aslinya, riff Enter Sandman ini hanya terdiri dari 2 bar, namun Lars meminta bar pertama diulang 3x sebelum bar kedua dimainkan.

Metallica menyewa Bob Rock sebagai produser setelah mereka terkesan dengan karyanya untuk album Dr. Feelgood (Motley Crue). Empat demo lagu dibuat pada 13 Agustus 1990 yaitu Enter Sandman, The Unforgiven, Nothing Else Matters, dan Wherever I May Roam. Enter Sandman adalah lagu pertama yang dibuat, tapi paling akhir diberi lirik. Pada 4 Oktober 1990 mereka merekam demo 'Sad But True'.

Pada bulan Oktober 1990 Metallica masuk One on One Recording Studios di North Hollywood, Los Angeles, California untuk merekam album kelima ini. Mereka juga merekam album ini di Little Mountain Sound Studios di Vancouver, British Columbia, Canada, tapi hanya sekitar 1 minggu.

Tentang proses rekaman ini James menyatakan: “Apa yang kami inginkan adalah perasaan tampil live. Dahulu, Lars dan aku menyusun ritem tanpa Kirk dan Jason. Kali ini aku ingin mencoba bermain sebagai bagian band di studio. Ini mencerahkan dan ada vibrasi.”

2 juni 1991, demo ‘Holier Than Thou’ direkam. Bob Rock menyuruh mereka membuat album ini dengan merekam lagu secara kolaboratif, bukannya sendiri-sendiri. Ide lain adalah merekam mereka saat main bareng. Rock berharap produksi berjalan mudah namun ternyata hadapi persoalan dengan anggota band dalam aspek mengerjakan album sekaligus inginkan James tulis lirik lebih bagus, yang membawa kesimpulan kepada Bob Rock bahwa kerjasamanya dengan Metallica dinilainya mengecewakan. Terlebih menghadapi anggota band yang hampir semuanya perfeksionis, yang mana membuat Rock harus merekam berulang-ulang hingga suara yang dihasilkan memuaskan mereka. 

Ketegangan band dan Bob Rock ini terlihat dalam film dokumenter Metallica berjudul A Year and A Half in the Life of Metallica dan juga Classic Albms: Metallica – Metallica. Kedua video itu mengeksplorasi proses rekaman album Metallica. Ketegangan itu mendorong Bob Rock untuk menyatakan tidak akan lagi bekerjasama dengan Metallica. Namun beberapa tahun setelah album Metallica diluncurkan, muncul petisi online dari 1.500 fans yang menginginkan Metallica kembali mengajak Bob Rock dalam mengerjakan album mereka. Bob Rock kemudian melanjutkan kerjasama dengan Metallica dan hasilkan 4 album studio lagi hingga kerjasama berakhir setelah produksi album St. Anger tahun 2003.

Album Metallica di-remix hingga tiga kali, habiskan dana US$1 juta, dan membuat 3 dari 4 anggotanya bercerai. Hammett ungkapkan bahwa perceraian mereka dengan pasangan masing-masing mempengaruhi permainan mereka yang ingin “mencoba merengkuh rasa bersalah dan kegagalan lalu menyalurkannya ke musik, mengambil hal positif darinya.”

Banyak kalangan menilai album ini melenceng dari akar thrash metal Metallica seperti yang terdengar di 4 album sebelumnya. Di album ini juga diperkenalkan penggunaan instrumen tak biasa seperti cello dalam ‘The Unforgiven’, orkestra dalam ‘Nothing Else Matters’ yang diusulkan oleh Bob Rock, serta gong dan sitar dalam lagu 'Wherever I May Roam'. Bagian bass lebih mendapat tempat dengan volume suara bass juga dinaikkan dibanding album sebelumnya. Jason Newsted mengatakan tentang hal ini bahwa dia kini bisa mencoba “ciptakan rhythm section sungguhan bukannya one-dimensional sound”. Ulrich sendiri mengatakan dia ngedrum dengan mencoba hindari “progressive Peartian paradiddles’ yang akan membosankan dimainkan live” dan gunakan suara dasar mirip punya Charlie Watts-nya The Rolling Stones dan Phil Rudd-nya AC/DC. 

Penyederhanaan ini dipertimbangkan karena band merasa lagu-lagu di album sebelumnya (...And Justice for All) terlalu panjang dan rumit. James bertutur bahwa (pemutaran di) radio bukanlah menjadi perhatian (untuk promo di radio, lagu ‘Justice’ harus diedit menjadi 5:59 menit karena radio tidak mau memutar lagu panjang sebagai promo), namun lebih karena “kami sudah mentok dengan format lagu panjang,” dan mempertimbangkan menggarap lagu dengan hanya 2 riff dan “hanya butuh 2 menit untuk sampai ke intinya.” Sedangkan Lars menambahkan band merasakan kerentanan secara musikal, “kami dulu merasa tak puas sebagai musisi dan penulis lagu, yang membuat kami bergerak jauh, seperti Master of Puppets dan Justice, adalah pembuktian diri kami. Kini kami akan kesampingkan itu untuk buktikan kami memiliki kemampuan sebagai musisi dan penulis lagu.”

Tentang lagu
Lirik dalam lagu-lagu album Metallica (semua ditulis oleh James) lebih personal dan terasa introspektif daripada album-album sebelumnya. Bahkan Bob Rock sering membandingkan dengan Bob Dylan, Bob Marley dan John Lennon. ‘Enter Sandman’ tentang “mimpi buruk dan segala yang hadir bersamanya”, menurut Chris True dari Allmusic. Lagu ‘Sandman’ bersama ‘Sad But True’ masuk sebagai favorit Kirk Hammett untuk dimainkan live. ‘The God That Failed’ tentang ibunda James yang meninggal akibat kanker dan kepercayaan agamanya yang menolak pengobatan medis. ‘Nothing Else Matters’ adalah lagu cinta yang  ditulis James untuk kekasihnya di tengah tour. ‘Holier Than Thou’ tentang orang yang merasa paling benar dan paling baik dibanding orang lain. Banyak spekulasi yang meyakini lagu ini tentang Bob Rock, banyak juga yang meyakini tentang Dave Mustaine. ‘The Unforgiven’ menurut James dalam video wawancara tentang sekuel lagu Unforgiven III di album Death Magnetic adalah tentang pergulatan James dengan hidupnya akibat broken home. ‘Wherever I May Roam’ tentang hidup sebagai road dog (selalu berpindah tempat untuk lakukan tour). ‘My Friend of Misery’ lagu tentang seseorang yang selalu merasa harus memikul beban dari lingkungannya.

Package
Lars menyatakan bahwa band lakukan banyak diskusi untuk menentukan judul album. ‘Five’ sempat muncul sebagai kandidat, selain salah satu judul lagu, namun akhirnya diberi judul sesuai nama band karena mereka “ingin menjaga tetap simpel”. Sampul album menampilkan logo band miring di sudut kiri atas, dan ular melingkar (diambil dari bendera Gadsden, bendera awal Amerika Serikat) di sebelah kanan bawah. Kedua gambar ini berwarna abu-abu gelap, agar sedikit membedakan dengan latar belakang yang hitam, dan menjadikan album Metallica juga dijuluki The Black Album. Motto dari bendera Gadsden, “Don’t Tread on Me”, juga dijadikan salah satu judul lagu. Booklet di dalamnya hanya selembar yang dilipat, berisi gambar wajah para anggota band dengan latar hitam dan lirik berlatar belakang warna abu-abu. Sampul album memiliki kemiripan dengan album band ‘fiktif’ Spinal Tap, Smell the Glove, yang secara bercanda dibahas dalam video dokumenter A Year and a Half in the Life of Metallica.

Metallica adalah album pertama mereka yang menembus peringkat pertama dalam debutnya di USA. Bertahan sebagai nomor satu selama 9 minggu di Billboard 200, dan berada dalam chart selama 282 minggu hingga 18 Januari 1997 dengan posisi 106 di minggu terakhir. Metallica menjadi nomor satu di Australia, Swiss, Belanda, Swedia, Norwegia, Canada, Jerman, dan New Zealand. Hanya di Irlandia album ini tidak tembus 20 besar (puncaknya di posisi 27). Mendapat 8x platinum dari Australia pada tahun 2000, sertifikat Diamond dari Canadian Recording Industry Association (CRIA). 5x platinum dari Argentina dan dobel platinum di Finlandia.

Personel
James Hetfield – vocal, ritem gitar, lead gitar pada ‘Nothing Else Matters’
Lars Ulrich – drums, perkusi
Jason Newsted – bass
Kirk Hammett – lead gitar

Tambahan:
Michael Kamen – aransemen orkestra pada ‘Nothing Else Matters’

Produksi
• Bob Rock; James Hetfield; Lars Ulrich – producers
• Randy Staub; Mike Tacci – engineers
• George Marino – mastering
• Michael Wagener; Mark Wilzcak – mixing
• Metallica; Peter Mensch – cover concept
• Don Brautigam – illustration
• Ross Halfin; Rick Likong; Rob Ellis photography

Album Load 1996 
Album ...And Justice for All 1988
Demo Metallica  
Metallica Singles dan EP's

Tidak ada komentar:

Posting Komentar