Pages

Rabu, 13 November 2013

Profil Jason Newsted

JASON CURTIS NEWSTED
Alias
Jasonic, Jason ‘Newkid’
Lahir
Battle Creek, Michigan 04 Maret 1963
Skill
Bass, gitar, vokal, drum, theremin
Aktif bermusik
1980-kini
Artis/Band terkait
Newsted, Megadeth, Metallica, Flotsam and Jetsam, Papa Wheelie, Voivod, Echobrain, Rock Star Supernova, Ozzy Osbourne, Spastik Children, WhoCares, Govt Mule.
Instrumen
Sadowsky Vintage Custom Bass, Alembic Basses, Rickenbacker 4003


Jason Newsted bergabung dengan Metallica pada tahun 1986 setelah bassist sebelumnya, Cliff Burton, meninggal dunia akibat kecelakaan dalam tour. Dia adalah pemain bass terlama yang dimiliki Metallica. Mundur tahun 2001 dan meneruskan proyek sampingannya saat di Metallica, Echobrain. Sempat main untuk Ozzy Osbourne dan bergabung dengan band heavy metal asal Kanada, Voivod. Dia juga mendirikan Chophouse Records (label dan studio) bermarkas di California. Kini dia bermain untuk band yang didirikannya: Newsted, sebagai bassist-vokalis.

Karir
Sebelum bergabung dengan Metallica, Jason adalah pemain bass Flotsam and Jetsam dan sempat menelorkan album Doomsday for the Deceiver di tahun 1986. Jason adalah penulis sebagian besar lirik album itu.

Jason adalah penggemar Metallica, dan bersemangat sekali mengikuti audisi bersama 39 musisi lain. Dalam majalah So What! Volume 1.2, diungkapkan bahwa Jason menjalani 2 hari audisi setelah selama 2 minggu menghapal sebanyak mungkin lagu Metallica. Saat audisi Jason merasa shock karena selain anggota band dan kru, juga terdapat orangtua Cliff Burton serta Torben Ulrich (ayah Lars) menyaksikan proses audisi. Satu hari setelah terpilih sebagai bassist yang baru, orang tua Cliff Burton menemuinya, memeluk dan berkata “Aku tahu kau orang yang tepat. Jadilah dirimu sendiri.”

Rekaman pertamanya adalah The $5.98 E.P.: Garage Days Re-Revisited, tahun 1987. Disusul dengan album ...And Justice For All (1988) yang menuai banyak kritik dan kontroversi karena suara bass yang hampir tak terdengar dan bass line yang mengikuti atau menempel rhythm gitar. Ulrich dan Hetfield menyatakan bahwa mereka juga kecewa dengan hasil rekaman itu, meskipun Kirk Hammett mengungkapkan dalam dokumenter Metallica Rockumentary bahwa suara bass Jason dikurangi karena James masih terlalu berduka akan kepergian Cliff.

Selain main bass, Jason juga mengisi backing vokal dalam beberapa lagu Metallica. Bahkan saat tour Jason sering berbagi lagu dengan James atau bahkan menyanyi secara utuh. Saat ditanya pembaca So What! tentang hal ini, James menjawab bahwa Jason sering menyelesaikan lagu yang dia mulai untuk membantunya mengistirahatkan pita suaranya sejenak. Lagu Creeping Death dan Seek & Destroy sering dimulai oleh James dan diakhiri oleh Jason. Bahkan dalam beberapa kesempatan Jason menyanyi secara utuh sebagian besar lagu seperti saat tour di Kentucky 08 Juli 2000, ketika James tidak bisa tampil karena cedera.

Jason dikenal dalam solo bassnya di lagu yang juga dia tulis, My Friend of Misery. Selain itu dia juga sebagai co-writer dalam lagu Blackened (...And Justice For All), My Friend of Misery (Metallica), dan Where the Wild Things Are (Re-Load).

Meninggalkan Metallica
Saat meeting dengan anggota Metallica Januari 2001, Jason mengusulkan band untuk istirahat selama 1 tahun, di mana dia akan gunakan untuk fokus pada proyek sampingannya, Echobrain. Menurut Jason, pihak manajemen Metallica awalnya mendukung proyek ini namun dukungan itu dibatalkan beberapa hari kemudian dan Jason memilih mundur pada 10 Januari 2001 seperti diungkap dalam wawancaranya di channel scuzzTV di situs youtube (cek di sini) meskipun secara resmi umumkan pengundurannya tanggal 17 Januari 2001 dengan ungkapkan alasannya sebagai “alasan pribadi dan kerusakan fisik yang kulakukan pada diriku selama bertahun mainkan musik yang kucintai.” Dalam wawancara dengan Playboy, Jason ungkapkan bahwa dia akan rilis album bersama Echobrain, dan juga melakukan tour. Hetfield menentang ide itu dengan mengatakan “Ketika seseorang lakukan proyek sampingan, itu melemahkan Metallica.” Kemudian Jason menangkis dengan menunjukkan kontribusi James dalam rekaman artis lain. James menjawab bahwa namanya tak tercantum dalam rekaman itu, dan tak berniat menjualnya, yang berarti dia tidak terikat untuk melakukan tour dari hasil kerjasama itu.

Karena ketiadaan pemain bass, produser rekaman Bob Rock mengisi suara bass dalam album St. Anger. Robert Trujillo baru bergabung sebagai bassist pada 24 Februari 2003. Meskipun sudah berpisah, Jason tetap berhubungan baik dengan Metallica. Pada 4 April 2009, Jason hadir dalam penganugerahan Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland, Ohio. Tanggal 5, 7, 9, dan 10 Desember 2011 Jason reuni dalam show 4 hari dalam rangka acara 30 tahun Metallica di Fillmore SF, dan main dalam beberapa lagu bareng Metallica dan kadang ditambah musisi tamu lain.

Band setelah Metallica
Setelah proyek Echobrain yang kurang begitu sukses, Jason terlibat aktif di beberapa band seperti Voivod pada tahun 2002. Pada tur Ozzy Osbourne, Ozzfest 2003, Voivod menjadi band pendamping dan Jason mengisi bassist band Ozzy, mengganti posisi Trujillo yang masuk Metallica, menggantikan dirinya. Selama di Voivod Jason adalah penyokong dana utama. Jason terlibat dalam 2 album sebelum meninggalkan band ini. Setelah dari Voivod, Jason berpartisipasi dalam band Rock Star Supernova, supergroup yang dibentuk lewat reality show TV Rock Star: Supernova tahun 2006.

Pada Oktober 2010 Jason umumkan bergabung dengan penyanyi Ian Gillan dan bekas keyboardist Deep Purple Jon Lord, gitaris Tony Iommi dari Black Sabbath, gitaris kedua Mikko Lindstrom dari HIM dan drummer Nicko McBrain dari Iron Maiden. Superband ini diberi nama WhoCares, merekam single untuk amal ‘Out of My Mind’ yang juga menampilkan lagu ‘Holy Water’. Diluncurkan dalam format digital dan CD pada 6 Mei 2011.

Bulan Desember 2012 Jason umumkan telah membentuk band-nya sendiri bernama Newsted bersama Jesus Mendez Jr. (drummer), gitaris Jessie Farnsworth, Mike Mushok (gitaris Staind yang gabung Maret 2013). Band ini telah merilis E.P. berjudul Metal yang berisi 4 lagu pada 8 Januari 2013. Newsted merilis album pertama mereka Heavy Metal Music pada 6 Agustus 2013.

Pada 11 Agustus 2013, Jason Newsted manggung bareng dengan Megadeth-nya Dave Mustaine sebagai vokalis untuk lagu Phantom Lord (Metallica) di Toronto dalam rangkaian Gigantour 2013.

Diskografi
Newsted – Heavy Metal Music (2013); Metal (2013, EP)
WhoCares – Out of My Mind/Holy Water (single 2011)
Voivod – Infini (2009), Katorz (2006), Voivod (2003)
Rock Star Supernova (2006)
Papa Wheelie – Unipsycho (2002), Live Lycanthropy (2003)
Moss Brothers – Electricitation (2001)
Unkle – Psyence Fiction (1998)
Sepultura – Against (1998) (Hatred Aside)
MetallicaSix Feet Down Under EP (2010), I Disappear single/soundtrack (2000), S&M (1999), Garage Inc. (1998), Reload (1997), Load (1996), Metallica (1991), ...And Justice for All (1988), $5.98 E.P. - Garage Days Re-Revisited (1987)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar