Pages

Rabu, 13 November 2013

DEMO Metallica

Metal Massacre I
Dibuat untuk masuk dalam album kompilasi Metal Massacre (rilis juni 1982). Diproduksi pada Januari 1982 dengan perekam 4 trak bermerek TEAC, direkam di rumah James. Hingga pengajuan materi untuk album Metal Massacre kurang beberapa jam, lagu sudah selesai (Lars isi drum, dan James isi ritem gitar, vokal, dan bass, Lloyd Grant isi solo gitar) namun mereka kurang puas karena ada kekosongan lirik pada salah satu bagian lagu, dan memutuskan menambah solo gitar kedua. Dalam perjalanan menuju studio Hollywood Bijou dimana Brian Slagel sudah selesai mixing lagu lain untuk Metal Massacre, mereka berdua datangi Lloyd Grant ke apartemennya sambil membawa recorder 4 track, dan solo gitar tambahan pun diisi pada track vokal yang kosong, hanya dengan satu kali take. James berkomentar tentang hal ini beberapa tahun berikutnya bahwa solo gitar Lloyd yang dilakukan di ruang tamu itu solo yang ‘keren sekali’. Hasil rekaman ini menurut Brian Slagel dinilai sebagai amatir dan buruk, namun musiknya bagus, cepat dan bersemangat.

RILIS RESMI:
1.      LP, "metal massacre", cetakan pertama(10 track version) 
2.      Vinyl, "metal massacre - 20th anniversary box set" – 5 keping piringan berwarna
3.      CD, "metal massacre - 20th anniversary box set" - 9 x CD & 1 x dvd set

BOOTLEG:
1.      2LP, "molten rock", black vinyl or picture disc
2.      CD, "early demos 1981 - 84" 
3.      CD, "sucking my love part 2"


A Whiskey A Go-Go Demo atau 1982 Demos.
Berisi tiga lagu: ‘Hit The Lights’ versi kedua dan 2 lagu cover yaitu ‘Killing Time’ milik Sweet Savage dan ‘Let It Loose’ dari band Savage. Direkam di rumah Ron McGovney. Ron sudah jadi bassist saat ini dan Dave Mustaine sudah berposisi sebagai gitarist utama. Dalam lagu ‘Killing Time’ di demo inilah suara Dave sebagai backing vocal saat chorus bisa didengar. Demo ini dibuat untuk audisi sebagai pembuka band Saxon yang akan main di club Whiskey-A-Go-Go di California.

Ada kisah menarik dalam proses pembuatan demo ini, seperti ditulis oleh Pat O’Connor dalam artikelnya tentang demo bootleg di majalah internal fans club, So What! Volume 1.3. (tahun 1994) Ron McGovney pernah menjadi fotografer untuk band Motley Crue pada tahun 1981. Mereka sedang nongkrong di dekat cafe Whiskey dan melihat pengumuman tentang lowongan bagi band lokal untuk menjadi band pembuka Saxon di hari ketiga (hari pertama dan kedua RATT menjadi pembuka). Ron lalu menghubungi manajemen Whiskey dan mereka minta Ron menyerahkan demo untuk dinilai. Lalu Ron meminjam rekorder 4 tracks kemudian menghubungi James Hetfield untuk merekam demo. Pihak manajemen terkesan dengan demo ini (dan mengira semua adalah lagu asli Metallica) dan menjadikan Metallica sebagai pembuka Saxon tanggal 28 Maret 1982.


Ron McGovney’s ’82 Garage demo
Demo ini juga direkam di garasi Ron McGovney di bulan Maret 1982. Demo ini tidak pernah secara resmi dirilis, dan beredar dalam berbagai versi bootleg. Berisi lagu: Hit The Lights, Jump In the Fire, dan 4 lagu cover Diamond Head: Sucking My Love, The Prince, Am I Evil?, dan Helpless. Selain lagu-lagu di atas, ada 2 lagu yang direkam dalam sesi lain berisi gagasan lagu dan riff yang belum jadi, juga beredar secara bootleg. Satu lagu berisi riff dan ide yang nantinya menjadi lagu The Mechanix, kebanyakan diberi judul ‘Jam’. Dan satu lagu lagi adalah bagian melodik yang dimainkan James dan Ron, dikenal di Youtube dengan judul ‘Unreleased Kill ‘Em All song’. Kebenaran tentang dua lagu ini telah dikonfirmasi oleh Ron McGovney sendiri dalam wawancara dengan Shock Waves tahun 1996 dan lewat forum Metallicabb.


Power Metal demo
Direkam bulan April 1982. Demo ini juga tak pernah secara resmi dirilis. Nama yang beredar secara bootleg adalah Power Metal. Nama ini sesuai tulisan yang terdapat dalam kartu nama Metallica pertama yang dibuat oleh Ron untuk disebarkan kepada perusahaan rekaman dan cafe-cafe atau klub. Kartu ini membuat Ron dimarahi oleh Lars habis-habisan dan diminta mencetak ulang tanpa tulisan Power Metal.

Berisi 4 lagu original Metallica: ‘Hit The Lights’ (versi ketiga), dan tiga lagu original baru mereka: ‘The Mechanix’, ‘Jump In The Fire’, dan ‘Motorbreath’. Lagu ‘Hit The Lights’ versi ketiga ini yang kemudian oleh James dimasukkan dalam album “Metal Massacre I” cetakan kedua (sampul abu-abu) di bawah label Metalworks Records. Namun solo gitar terakhir dari Lloyd Grant masih dimasukkan, bersanding dengan 2 solo gitar milik Dave. Sedangkan lagu ‘The Mechanix’ adalah ciptaan Dave Mustaine, Lars dan James. Ini adalah versi asli dari lagu ‘The Four Horsemen’ yang muncul di album Kill ‘Em All. Sedangkan Mustaine mengerjakan kembali lagu ini dan sederhanakan judul jadi ‘Mechanix’, muncul di album Megadeth pertama Killing Is My Business... and Business Is Good!.

BOOTLEG:
1.      LP atau CD, "No Life `Til Power"
2.      CD, "Night of the Rivvet Heads"
3.      CD, "The Apokalypse", cd 1
4.      CD, "Early Demos 1981 - 84"


No Life Til Leather
Direkam 6 Juli 1982 di studio bernama Chateau East di Tustin, California. Demo ini adalah demo yang paling banyak beredar. Berisi lagu : ‘Hit The Lights’ (versi 4), ‘Seek and Destroy’, ‘Motorbreath’ (versi 2), ‘The Mechanix’ (versi 2), ‘Jump In The Fire’ (versi 2), ‘Metal Militia’ dan ‘Phantom Lord’. Semua lagu ini muncul di album Kill ‘Em All kecuali The Mechanix (dikerjakan ulang plus lirik yang berbeda), dan Jump In The Fire (lirik beda).

Demo ini dibiayai oleh High Velocity Records, sebuah label musik punk yang dimiliki oleh teman Lars, Kenny Kane. Rencananya demo ini adalah proses awal pembuatan EP, namun karena Kenny merasa band ini bukan beraliran punk, maka dia tak lagi tertarik. Akhirnya kaset demo diminta kembali dan beredar secara bootleg dengan nama No Life Til Leather (baris pertama lirik lagu pertama, ‘Hit The Lights’). Peredarannya dilakukan oleh Lars dan temannya, Pat Scott. Demo ini peredarannya luas sekali hingga ke toko musik ‘Rock n’ Roll Heaven’ milik Johnny Zazula di New York. Johnny Z lalu menawari Metallica untuk main di Pantai Timur dan kemudian mendirikan label Megaforce memproduksi album pertama Metallica, Kill ‘Em All.

Demo ini beredar juga dalam versi lain. Yang pertama berjudul Metallica: Bay Area Thrashers (label: Merlin Group), sempat muncul di amazon.com. Demo ini hasil edit ulang dengan menambah suara penonton dan James berbicara (diambil dari video Cliff ‘em All). Muncul juga versi lain dengan total track ada 9, terdiri 7 lagu persis No Life ‘Til Leather , ditambah perkenalan personel dan wawancara. Ketika Metallica mengetahui hal ini mereka minta amazon.com menghapusnya dan mengancam akan menuntut semua toko musik yang menjual versi ini. Rilis kedua berjudul Metallica: In the Beginning... Live. Berisi sama persis dengan Metallica: Bay Area Thrashers.

BOOTLEG:
1.      lp, "metal militia",
2.      2lp, "the devil, shaved soap & gasoline",
3.      lp & cd, "no life `til power",
4.      cd, "the real no life `til leather",
5.      cd, "horsemen of the apokalypse" (both versions),
6.      cd, "the apokalypse" cd1,
7.      cd, "fight fire with fire",
8.      cd, "garage sessions",
9.      cd, "more than just metal",
10.  cd, "one last visit",
11.  cd, "up & down"



Megaforce Demo
Direkam bulan Maret 1983. Ini adalah rekaman pertama Cliff Burton dengan Metallica, dan rekaman demo terakhir Dave Mustaine. Rekaman ini (berisi 2 lagu baru ‘Whiplash’ dan ‘No Remorse’) ditujukan untuk perkenalkan permainan Burton dan dapatkan kontrak dengan Megaforce Records. Kemudian kaset ini juga disiarkan di KUSF FM di San Francisco. Karena itulah ada beberapa sebutan untuk demo ini yaitu Megaforce Demo, KUSF demo, dan Whiplash/No Remorse demo.


Demo Ride The Lighting
Direkam 24 Oktober 1983, dibiayai label Eropa mereka, Music for Nations, pada saat yang sama mereka merekam versi ‘live palsu’ lagu ‘Seek and Destroy’ dan ‘Phantom Lord’ yang akan dimasukkan sebagai sisi b dalam single “Whiplash” dan “Jump In the Fire”. Berisi lagu: ‘Ride The Lightning’, ‘Creeping Death’, ‘Fight Fire with Fire’, dan ‘When Hell Freezes Over’ (nantinya menjadi ‘The Call of Ktulu’). Ini adalah demo pertama dengan kehadiran Kirk Hammett. Lagu tak jauh beda dengan versi album Ride the Lightning.

Pada tahun 2005 muncul versi bootleg demo ini yang berisi 7 lagu, namun hanya ‘Trapped Under Ice’ yang diakui secara resmi.

BOOTLEG RELEASES;
1.      lp, "metal militia - garage daze", all four tracks 
2.      lp, "death mission", all four tracks 
3.      lp, "garage days revisited", all four tracks 
4.      lp, "horsemen of the apokalypse", tracks 1 - 3 
5.      lp, "..let god sort `em out", tracks 1 & 3 
6.      2lp, "time for some fucking danish beer", tracks 3 & 4 
7.      2lp, "the devil, shaved soap & gasoline", all four tracks 
8.      cd, "horsemen of the apokalypse" (16 track version), all four tracks 
9.      cd, "in for the kill", all four tracks 
10.  cd, early demos 1981 - 84", all four tracks 
11.  cd, "fight fire with fire", all four tracks 
12.  cd, "live and dangerous", all four tracks 
13.  cd, "live before death vol.2", all four tracks 
14.  cd, "..the man is dead", all four tracks 
15.  cd, "welcome to the ball", all four tracks 
16.  cd, "garage sessions vol.2", all four tracks 
17.  cd, "up & down", tracks 1, 2 & 4 
18.  cd, "with dave mustaine", tracks 1 & 3, NOTES; dave mustaine did not play on these tracks 
19.  cd, "garage complete", tracks unknown 
20.  2cd, "unsurpassed demos & rehersals 1984 - 1988", all four tracks 
21.  2cd, "metal up your ass"", all four tracks 



Demo Master of Puppets
Direkam pada 14 Juli 1985, bukan benar-benar sebuah demo namun lebih mirip rekaman saat latihan, karena hampir semua lagu belum ada liriknya. Berisi 5 lagu yang juga terdapat di album ketiga, Master of Puppets.

LAGU:
1. Battery (instrumental) – 5:23
2. Battery (plus vocal) – 4:43
3. Disposable Heroes (instrumental) – 9:13
4. Disposable Heroes (plus vocal) – 9:15
5. Master of Puppets (instrumental) – 8:51
6. Only Thing (Welcome Home-Orion, instrumental) – 9:38
7. Only Thing (Welcome Home-Orion, plus vocal) – 8:55

Lagu Only Thing berisi setengah lagu yang kemudian berjudul Welcome Home (Sanitarium), dan setengah lagu yang nantinya berjudul Orion. Pemecahan lagu Only Thing menjadi dua lagu atas masukan Cliff Burton. Lagu ini dan juga Disposable Heroes memiliki lirik berbeda dengan hasil akhir dalam album Master of Puppets



Demo ...And Justice for All
Komplit seperti dalam album ...And Justice for All. Proses pembuatannya tidak berbarengan. Lagu One direkam bulan November 1987 di basement James, SF. Sedangkan lagu yang lain di One-on-One studio, CA sejak 29 Januari 1988.

Intro dalam lagu Blackened adalah versi asli, sedangkan yang muncul dalam album adalah versi reversed (diputar dari belakang). Frayed Ends of Sanity belum ada lirik selain sedikit bagian chorus.

LAGU:
1.      "Blackened (intro asli/forward)" (0:36)
2.      “Blackened” (5:57) 
3.      "...And Justice for All" (8:14)
4.      "Eye of the Beholder", take 1, (6:20)  
5.      "One", (7:03) 
6.      "The Shortest Straw" (6:28)
7.      "Harvester of Sorrow" (5:37)
8.      "The Frayed Ends of Sanity" (7:30) 
9.      "To Live Is to Die (instrumental)" (9:57) 
10.   "Dyers Eve" (5:35)


demo Metallica
Hanya ada 6 dari 12 lagu dalam Black Album. Direkam tanggal 13 Agustus 1990 di studio rumah Lars ‘Dungeon’, kecuali dua lagu, 'The Unforgiven' dan 'Holier Than Thou', dikerjakan selama proses rekaman album. Vokal, ritem gitar, lead gitar, dan bass dalam demo ini dikerjakan oleh James. Lars isi drum. Kirk dan Jason berlibur.

LAGU:
1.      Enter Sandman (side b single Enter Sandman) – 5:05
2.      The Unforgiven (side b single The Unforgiven) – 6:15
3.      Nothing Else Matters (side b single Nothing Else Matters) – 5:52
4.      Wherever I May Roam (side b single Wherever I May Roam) – 5:35
5.      Sad But True (side b single Sad But True) – 4:53
6.      Holier Than Thou (side b single Enter Sandman) – 3:48


Demo Load/ReLoad
Direkam di ‘Dungeon’ antara tahun 1994-1995, dimainkan hanya oleh James dan Lars. Sebagian besar dirilis di ‘Fan Can III’ (box set Khusus untuk anggota Met Club), dan yang lain dirilis lewat single dari dua album itu. Semua lagu belum benar-benar matang.

LAGU:
FAN CAN III (Mucho-Demo)
1.      Load (King Nothing) – 5:50
2.      Devil Dance (Devil’s Dance) – 4:46
3.      Streamline (Wasting My Hate) – 4:20
4.      Bleeding Me – 8:36
5.      Bitch (Ain’t My Bitch) – 5:31
6.      Fixer (Fixxxer) – 5:57
7.      Mine Eyes (Low Man’s Lyric) – 7:58
8.      Skimpy (Carpe Diem Baby) – 6:24
9.      Unforgiven II – 7:14
10.  Outlaw Torn (The Outlaw Torn) – 9:18
11.  Memory (The Memory Remains) – 6:44
12.  Fuel – 4:25

SINGLES:
1.      Until It Sleeps (side b Until It Sleeps) – 4:56
2.      Mouldy a.k.a Hero of the Day (side b Hero of The Day) – 5:22
3.      Mama Said (side b Mama Said) – 6:52
4.      Fuel for Fire (side b The Memory Remains) – 4:41




Demo album St. Anger
Sangat jarang bisa ketemu demo dari Album St. Anger yang direkam dalam rentang waktu 2001 - 2003. Salah satu demo yang sempat beredar berisi 7 lagu saja, dan semuanya belum mendapatkan lirik utuh.

Lagu :
1. Frantic (demo) - 3:38
2. St. Anger (demo) - 1:21
3. Some Kind of Monster (demo ) - 4:18
4. Invisible Kid (instrumental demo) - 8:28
5. Shoot Me Again (demo) - 1:43
6. Sweet Amber (demo) - 3:33
7. The Unnamed Feeling (demo) - 1:09



  The Presidio Album
"Album" ini beredar secara bootleg, berisi rekaman Metallica saat awal mengerjakan album St. Anger di Presidio beberapa saat setelah Jason Newsted mengundurkan diri. Lagu-lagu di dalamnya tidak dikerjakan hingga final, dan tidak masuk dalam album St. Anger. Pemberian judul lagu dari hasil ngejam sebelum James masuk rehabilitasi ini tentu tidak terjamin keasliannya.

Lagu :
1. Echo Chamber - 1:34
2. Shadow of the Cross - 3:31
3. More Than This - 2:57
4. Surfing the Zeitgeist - 4:01
5. The Boogeyman Song - 2:27
6. Ain't Asked No More - 2:48
7. Temptation - 2:40
8. Unbridled - 1:55
9. Dead Kennedy Rolls - 2:07  


Demo Death Magnetic
Direkam antara november 2005 hingga Januari 2007. Demo ini berjudul Demo Magnetic, dimasukkan dalam cd bonus edisi deluxe album Death Magnetic. Urutan lagu sama dengan album, namun dengan judul yang berbeda.

LAGU:
1.      Hi Guy (That Was Just Your Life) - 7:11
2.      Neinteen (The End of the Line) - 7:35
3.      Black Squirrel (Broken, Beat, and Scarred) - 6:13
4.      Casper (The Day That Never Comes) - 8:15
5.      Flamingo (All Nighmare Long) - 7:59
6.      German Soup (Cyanide) - 6:31
7.      UN3 (The Unforgiven III) - 7:50
8.      Gymbag (The Judas Kiss) - 7:55
9.      K2LU (Suicide and Redemption) - 9:30
10.    Ten (My Apocalypse) - 5:18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar