Pages

Rabu, 13 November 2013

Profil James Hetfield

JAMES ALAN HETFIELD
Lahir:
Downey, California USA, 3 Agustus 1963
Posisi:
Gitaris, vokalis, penulis lagu, produser
Instrumen musik:
gitar, vokal, drum, piano, bass
Pekerjaan sebelumnya :
karyawan pabrik sticker di LA
Aktif bermusik:
1978 – sekarang
Band:
Metallica, Spastik Children, Leather Charm, Phantom Lord, Syrinx, Obsession
Instrumen yang sering digunakan:
Gibson Explorer; ESP Truckster; Ken Lawrence custom models; Gibson Les Paul Custom "Iron Cross"


James Hetfield adalah gitaris rhythm, pendiri, penulis lagu utama, vokalis dan pencipta lirik untuk band heavy metal Metallica. Membentuk Metallica pada 28 Oktober 1981 bersama Lars Ulrich (drummer). Tahun 2009, Hetfield berada di ranking 8 buku Joel McIver The 100 Greatest Guitarists, dan ranking 24 oleh Hit Parader dalam daftar 100 Vokalis Metal Terbesar sepanjang masa.

Masa Kecil
Hetfield berdarah Jerman, Inggris, Irlandia dan Scotlandia. Punya dua kakak tiri laki-laki dari pihak ibu, dan satu adik kandung perempuan. Masa SMA di Downey High School selama 2 tahun saja karena harus pindah ketika ibunya meninggal. Dia lulus SMA di Orange County’s Brea Olinda High School tahun 1981.

Ayahnya, Virgil, adalah supir truk. Ibunya, Cynthia, seorang penyanyi opera. Ayahnya minggat saat usia James 13 tahun. Orang tuanya adalah penganut taat Kristen Scientist, dan menurut keyakinan mereka, pengobatan medis adalah hal yang haram karena merupakan ciptaan manusia. Karena itu ketika ibunya menderita kanker, mereka hanya berserah kepada Tuhan untuk kesembuhannya. Kondisi ini mengganggu jiwa James dan menginspirasi pembuatan beberapa lagu, seperti  ‘The God That Failed’. Cynthia Hetfield meninggal karena kanker, tanpa pengobatan medis, pada 1979 saat James 16 tahun. Sepeninggal ibunya, James tinggal bersama David, kakak tirinya. Virgil, sang ayah, meninggal tahun 1996, saat Metallica tur album Load.

Pengaruh musik
Saat usia 9 tahun James kursus piano, lalu belajar drum milik sang kakak, David, dan akhirnya bermain gitar di usia 14 tahun bersama Robert Okner. Dia juga tergabung dalam beberapa band saat remaja yaitu Obsession (kemungkinan band ini ditinggalkan James karena menolak lagu ciptaannya, seperti diungkap dalam wawancara dengan Howard Stern 2013), Syrinx, Phantom Lord, kemudian Leather Charm sebelum membentuk Metallica (sumber Wawancara Ron McGovney 1997).

James menyebut Aerosmith sebagai band yang mempengaruhinya di saat kanak-kanak, dan mengatakan bahwa merekalah inspirasinya untuk main gitar. Band lain yang juga diakuinya memberi pengaruh penting padanya antara lain: Led Zeppelin, Black Sabbath, AC/DC, Motorhead, Thin Lizzy, Ted Nugent dan Deep Purple. Untuk band non-metal, James menyebut The Beatles berpengaruh besar padanya. Namun demikian rekaman yang pertama kali dia beli adalah single “Sweet Home Alabama” dari Lynyrd Skynyrd.

Metallica (1981-sekarang)
James membentuk Metallica bersama sang drummer Lars Ulrich. Logo Metallica dari awal hingga kini adalah hasil karyanya, termasuk desain scary guy dengan gambar sketsa tengkorak berjambul. James juga berkontribusi pada sebagian besar desain sampul album Metallica.

Pada awalnya, Metallica bereksperimen dengan beberapa vokalis dan gitaris. Intinya untuk tampil mirip dengan Diamond Head. Namun pada awal terbentuknya, yaitu ketika membuat demo lagu pertama 'Hit The Lights' untuk mengisi album kompilasi Metal Massacre 1, James mengisi vokal, ritem gitar, dan bass sekaligus. Lars sebagai drummer dan Lloyd Grant mengisi solo gitar, sebelum kehadiran Ron McGovney sebagai bassist pertama dan Dave Mustaine yang menggantikan Lloyd Grant.

Hingga tahun 1990-an, James-lah yang berkuasa ciptakan seluruh track rhythm dan sebagian besar harmoni. Sejak album Load, Hammett mulai dilibatkan ciptakan rhythm. Sebaliknya, James juga mengisi solo gitar pada beberapa lagu, diantaranya: ‘Nothing Else Matters’, ‘My Friend of Misery’, outro solo pada ‘The Outlaw Torn’, solo kedua dalam ‘To Live is To Die’, solo interlude pertama dalam ‘Master of Puppets’, solo pertama dalam ‘Suicide and Redemption’, harmonisasi solo dalam ‘Orion’ dan intro harmonik solo dalam ‘The Day That Never Comes’. Dia juga menulis mayoritas harmoni gitar, sebagian besar lirik lagu, vokal, dan juga mengaransemen lagu bersama Lars Ulrich. Hingga saat ini James tercatat melakukan solo gitar untuk beberapa lagu dalam rekaman studio, antara lain dalam Master of Puppets, To Live is To Die, Nothing Else Matters, The Unforgiven, My Friend of Misery, The House Jack Built, Thorn Within, The Outlaw Torn, Carpe Diem Baby, Turn the Page, Whiskey in the Jar, Overkill, Damage Case, Stone Dead Forever, Too Late Too Late, Ecstasy of Gold, Suicide & Redemption, Just A Bullet Away. Cek : All of James Hetfield's guitar solos (studio).

Hetfield sering mengalami kecelakaan karena hobi olahraga ekstrim ataupun saat beraksi di panggung. Dua kali alami kecelakaan skateboard yang membuat tulang lengannya retak dan membatalkan show, kecelakaan jetski, hingga yang paling terkenal pada 8 agustus 1992 saat manggung, sebagian tubuh, muka, dan lengan kirinya terbakar oleh pyrotechnique sehingga show harus dihentikan, dan selama 4 minggu James jadi vokalis penuh, sedangkan posisi gitar rhythm diganti oleh guitartech (asisten) Kirk Hammett, John Marshall (kemudian menjadi anggota band Metal Church).

Hetfield melakukan kursus vokal pertama kali setelah dalam tur album Metallica mengalami gangguan vokal setelah bawakan lagu cover Anti-Nowhere League, ‘So What!’

Dalam proses pembuatan album St. Anger tahun 2001, James masuk rehabilitasi kecanduan alkohol selama 7 bulan. Sejak saat itu dia berhenti minum alkohol dan bergaya hidup sehat.

Tanggal 4 April 2009, James bersama seluruh anggota band menerima anugerah Rock and Roll Hall of Fame. Dalam interview setelah mereka dinominasikan, James mengatakan bahwa semua orang yang pernah terlibat dalam band Metallica harus ikut diakui sebagai Hall of Fame (legenda). Dalam malam penganugerahan itu, Jason Newsted dan Ray Burton (ayah Cliff) hadir. Ron McGovney tidak hadir, dan Dave Mustaine menolak datang karena benturan dengan jadwal tur Megadeth.

Kehidupan Pribadi
Selain menulis lagu, menyanyi dan bermain musik, James menyukai aktivitas luar ruang seperti berburu, skateboard, snowboard, jet ski, modifikasi mobil dan motor, atau menonton pertandingan tim American football kesayangannya Oakland Raiders. Dia juga tercatat sebagai anggota National Rifle Association (asosiasi petembak nasional).

Dia pernah menjual mobil Chevrolet Camaro tahun 1968 di eBay. Mobil itu digunakan dalam pembuatan videoklip ‘I Disappear’, yang dihadiahkan kepada James usai syuting selesai. James menggunakan mobil itu selama 3 tahun dan telah memodifikasi beberapa bagiannya. Lelang online ini sempat menanjak hingga 120.000 USD, namun kemudian ebay membatalkan beberapa penawar sehinggga harga terakhir adalah 70.000 USD. Pembeli akan diberikan tambahan berupa 3 buah foto ukuran 8 x 10 inchi cuplikan syuting videoklip 'I Disappear' ditandatangani oleh James Hetfield. Hasil penjualan itu disumbangkan ke program Music for School.

James tergolong ‘telat’ untuk memiliki tato, tato pertamanya dibuat saat dia berusia 37 tahun. Tato di lengan kirinya adalah gambar api yang menyelimuti 4 kartu remi yang mewakili tahun kelahirannya yaitu as (1), 9, 6, dan 3 serta tulisan “Carpe Diem”. Api itu menurut James melambangkan insiden pyroteknik saat konser di Montreal Canada 8 Agustus 1992. Di tangannya, dekat jempol kanan, ada tato huruf M (Metallica), dan F di tangan kiri untuk Francesca, nama istrinya yang dinikahi 17 Agustus 1997. Selain itu ada inisial nama anak-anaknya di dada (Cali, Castor dan Marcella). Dalam wawancara dengan NPR’s Fresh Air, James ungkapkan bahwa istrinya banyak membantu dalam proses pendewasaan dirinya dan manajemen emosinya menjadi lebih konstruktif.

Ketika menggantikan Lars dalam wawancara radio dengan Howard Stern pada 30 Juli 2004, James mengungkapkan bahwa pertemuan dengan Francesca terjadi saat tur. Wanita berkebangsaan Argentina dan bernama asli Francesca Tomasi ini adalah salah satu kru band yang mengurusi makanan dan kostum. “Kami seperti teman, dia wanita yang mandiri dan tidak peduli dengan ketenaranku, wanita yang memang kucari.”

James pernah menjadi narasumber dalam sebuah proyek film dokumenter berjudul Absent, disutradarai oleh Justin Hunt. Film ini menyoroti tentang efek ketidakhadiran ayah terhadap anak-anak, dan ‘luka (dari) ayah’ yang ditinggalkan karena ketidakhadiran itu. Dalam film ini James menunjukkan beberapa lagu yang menurutnya adalah ungkapan kekecewaan atas ketidakhadiran orangtuanya: ‘Dyers Eve’, ‘The God That Failed’, ‘Mama Said’, dan ‘All Within My Hand’. 

Profil anggota lain :
Lars Ulrich
Kirk Hammett
Rob Trujillo
Jason Newsted
Cliff Burton
Dave Mustaine
Ron McGovney

Tidak ada komentar:

Posting Komentar