Pages

Rabu, 13 November 2013

Profil Ron McGovney



RONALD MCGOVNEY
Lahir:
Los Angeles, California 2 November 1962
Kemampuan:
Bass, gitar
Aktif bermusik:
1981-1982, 1986-1988
Band terkait:
Phantasm, Metallica, Leather Charm


Ron adalah keturunan Irlandia Utara, memiliki 2 putra, Justin dan Tyler serta 1 putri Jordann. Anak-anaknya memiliki ketertarikan kepada musik sebagaimana ayah mereka.

Ron McGovney dan James Hetfield adalah teman masa kecil, teman satu sekolah di SMP, bahkan teman sekamar saat SMA. Ron sempat menjadi roadie atau kru band James Hetfield, Phantom Lord. Tahun 1981 James Hetfield membentuk band Leather Charm dan mengajak Ron untuk main bass, bersama gitaris Hugh Tanner dari band Hetfield sebelumnya, Phantom Lord. Ron sempat menolak karena dia tidak bisa main bass, tapi kemudian James mengajarinya. "Aku lakukan yang diminta oleh James, tekan di bagian ini, petik senar yang itu."

Lalu Hugh Tanner keluar dari band dan mengejar karir di bidang manajemen musik. Selanjutnya masuklah gitaris Troy James dan drummer Jim Mulligan. Namun Mulligan juga tak lama kemudian mundur, menjadikan band ini bubar.

Hetfield membentuk Metallica di akhir 1981 bersama Lars Ulrich. James kemudian mengajak serta Ron dan disusul Dave Mustaine bergabung di awal 1982. Mereka sering menggunakan garasi milik keluarga McGovney sebagai tempat latihan dan merekam demo seperti Power Metal demo. Lagu ‘Hit The Lights’ yang direkam dalam album kompilasi Metal Massacre 1 cetakan kedua, menampilkan Ron McGovney memainkan bass.

Ron sering bersitegang dengan rekan lain terutama Lars dan Dave Mustaine. Dia merasa hanya dimanfaatkan uangnya dan hanya sebagai penyedia transportasi saja, bukan sebagai anggota band. Dia akhirnya mundur pada 10 Desember 1982 seiring ketegangan yang semakin meningkat. Posisinya kemudian digantikan oleh Cliff Burton. Setelah meninggalkan Metallica, Ron seperti trauma dengan musik dan menjual sebagian besar peralatannya.

Di akhir 1986 Ron dibujuk untuk tampil kembali oleh vokalis Hirax, Katon W. De Pena, dan berdua membentuk band thrash metal Phantasm dengan gitaris Rodney Nicholson dan beberapa musisi, termasuk drummer Dark Angel, Gene Hoglan. Phantasm sempat keluarkan demo namun tidak pernah merekam album. Mereka bubar tahun 1988 kaena perselisihan internal. Tahun 2001 label musik thrash Deep Six Records merilis CD Wreckage, versi remastered dari demo dengan judul sama ditambah beberapa rekaman live tahun 1987.

Setelah 1988, praktis Ron tidak aktif bermusik hingga 23 tahun berikutnya. Pada 10 Desember 2011, dia mainkan dua lagu bersama Metallica, Mustaine, dan Lloyd Grant di The Fillmore, San Francisco sebagai bagian peringatan 30 tahun Metallica berdiri. Kini Ron bekerja sebagai operator mesin di sebuah pabrik dan tinggal di bagian barat North Carolina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar