Pages

Rabu, 13 November 2013

Profil Robert Trujillo


ROBERTO AGUSTIN MIGUEL SANTIAGO SAMUEL TRUJILLO VERACRUZ
Alias :
Robert Trujillo, Rob Trujillo, The Gorilla
Lahir:
Santa Monica, California, 23 Oktober 1964
Skill:
Bass, Gitar, Vokal
Aktif bermusik:
1978-kini
Artis terkait:
Metallica, Suicidal Tendencies, Infectious Grooves, Mass Mental, Black Label Society, Ozzy Osbourne, Medication, Jerry Cantrell, Glenn Tipton, Himantha Kumarasinghe, The Trujillo Trio.
Instrument:
Fernandes Gravity 5 senar; Music Man Stingray 5 senar; Warwick Basses; Fender Precision Bass; Rickenbacker 4001 Warwirk Robert Trujillo Signature Bass.


Rob mengaku menyukai jazz fusion dan berkembang dari sana, terutama Jaco Pastorius yang menurutnya “Mendengarnya seperti pertama kali mendengar Eddie Van Halen mainkan ‘Eruption’, kau akan berpikir ‘Instrumen apa itu?’ Jaco adalah funk, rock dan soul. Dan bersikap punk.”

Tumbuh di pantai Venice “Dog Town”, masa mudanya sering mainkan lagu Led Zeppelin, Black Sabbath, Ozzy, Rush dalam pesta-pesta kecil. Masuk sekolah jazz saat usia 19 dan ingin menjadi musisi rekaman, meskipun cintanya pada rock dan metal.

Karir
Lewat teman semasa SMA, Rocky George (gitaris Suicidal Tendencies), Rob mengenal Mike Muir dan bergabung dalam grup itu hingga pertengahan 1990-an. Dalam album ke-4 Suicidal Tendencies tahun 1989 Controlled by Hatred/Feel Like Shit...Deja Vu, nama Rob disamarkan menjadi Stymee. Selama di ST, Rob dan Mike Muir juga jalankan proyek sampingan Infectious Grooves.

Rob menjadi anggota band Ozzy Osbourne beberapa tahun sejak 1990an. Dia menjadi kontroversi saat mainkan track bass milik Bob Daisley untuk album cetak ulang Ozzy Osbourne Blizzard of Ozz dan Diary of a Madman karena Daisley merasa tidak menerima royalti yang pantas. Dalam masa ini juga Rob membentuk supergrup eksperimental, Mass Mental, bersama Benji Webbe (nantinya anggota Dub War) yang beraliran ragga-punk-metal. Band ini rilis 1 studio album (eksklusif di Jepang) dan satu album live, saat konser di Tokyo sebelum bubar. Zakk Wylde, sahabat dan teman ngeband saat ikut Ozzy, juga kadang merekrut Rob untuk main dengan Black Label Society dalam show mereka.

Masuk sebagai anggota Metallica secara resmi 24 Februari 2003. Sebelumnya dia bersama Suicidal Tendencies pernah bertemu sebagai band pembuka Metallica dalam tour Nowhere Else to Roam tahun 1993 dan di tur Shit Hits the Sheds tahun berikutnya. Sejak itu Rob berteman dengan Kirk Hammett karena keduanya memiliki hobi yang sama yaitu surfing. Rob mengikuti audisi setelah ditelpon oleh Metallica saat liburan. Dalam audisi yang diperlihatkan dalam film dokumenter Metallica Some Kind of Monster, Rob inginkan main lagu Battery yang membuat Lars Ulrich bertanya, “Kau secepat itu?” lalu mereka mainkan lagu itu, Fo Whom the Bell Tolls, Welcome Home (Sanitarium), Sad But True, dll. Saat mainkan Whiplash, Kirk kagum dengan ketrampilan jari Rob yang dinilai “Baru kulihat sejak Cliff (Burton).”

Akting
Trujillo memiliki beberapa peran dalam film dan televisi. Peran tanpa dialog dalam film Walter Matthau House Calls tahun 1978, dan peran kecil dalam film Scout’s Honor, film yang dibuat untuk Gary Coleman tahun 1980. Dia juga mainkan karakter ‘Flippy’ dalam serial drama tv  CHiPs. Tahun 1992 muncul bersama anggota band-nya Infectious Grooves dalam film Brendan Fraser Encino Man.

Kehidupan Pribadi
Rob menikah dengan Chloe, dan memiliki anak laki-laki, Ty, dan perempuan, Lula. Sebelum pacaran, Chloe adalah seniman pyrography (bakar kayu) yang membuat desain kalender Aztec pada bass Rob. Tujuh tahun berikutnya, saat mendengar Chloe pindah ke LA, Rob menelpon dari tempatnya berlibur untuk surfing di Tahiti, mencoba untuk menjalin hubungan.

Proyek Lain
Tahun 2012, Trujillo memproduksi film dokumenter tentang Jaco Pastorius berjudul Jaco, disutradarai oleh Stephen Kijak.

Teknik
Teknik utama Rob adalah finger-style, tapi kadang juga menggunakan pick dalam beberapa rekaman dan saat manggung. Rob dikenal sering memainkan ‘massive chords’ dan ‘chord-based harmonics’ pada bass. Pada saat masih di Infectous Grooves, Rob dikenal sering menggunakan teknik slap bass. Teknik ini juga sering muncul saat melakukan solo bass memainkan ‘Jungle Essence’ ketika tour dengan Metallica.

Untuk tujuan rekaman, Rob gunakan kode sendiri untuk menuliskan aransemen bass. Terinspirasi dari artikel Pino Palladino, dia kembangkan hal itu saat rekaman dengan Jerry Cantrell menggarap Degradation Trip.

Diskografi
Jerry CantrellDegradation Trip (2002), Degradation Trip Volumes 1 & 2 (2002)
Black Label Society1919 Eternal (2002)
Infectious Grooves – The Plague That Makes Your Booty Move...It’s the Infectious Grooves (1991), Encino Man Soundtrack (1992), Sarsippius’ Ark (1993), Groove Family Cyco (1994), Mas Borracho (1999), Years of Cycos (2008), Funk It Up – Live In France 1995 (2010), Mad Mad Muir Musical Tour (2011)
Suicidal TendenciesControlled by Hatred/Feel Like Shit...Deja Vu (1989), Lights...Camera...Revolution! (1990), The Art of Rebellion (1992), Still Cyco After All These Years (1993), Suicidal for Life (1994), Year of the Cycos (2008), Mad Mad Muir Musical Tour (2011).
Glenn TiptonBaptizm of Fire (1997)
Mass Mental?How to Write Long Songs (1999), Live in Tokyo (2001)
Ozzy OsbourneDown to Earth (2001), Blizzard of Ozz (reissue) (2002), Diary of a Madman (reissue) (2002), Live at Budokan (2002).
Various ArtistsThe Blackest Box (2002) Rob mainkan cover Metallica ‘Battery’; A Song for Chi (2009)
Metallica – St. Anger (2003) (dimasukkan meskipun tidak main saat rekaman studio), Death Magnetic (2008), Lulu (2011), Beyond Magnetic (2011), Ronnie James Dio: This is Your Life (kompilasi tribute to Ronnie James Dio, 2014)

Profil anggota lain :
Lars Ulrich
James Hetfield
Kirk Hammett
Jason Newsted
Cliff Burton
Dave Mustaine
Ron McGovney

Tidak ada komentar:

Posting Komentar