Pages

Rabu, 13 November 2013

Profil Dave Mustaine

DAVID SCOTT MUSTAINE
Lahir:
La Mesa, California 13 September 1961
Pekerjaan:
musisi, penyanyi-penulis lagu, produser, aktor, penulis, talent manager
Kemampuan:
gitar, vocal, bass, piano, keyboards
Aktif bermusik:
1978-2002, 2004-kini
Band terkait:
Megadeth, Fallen Angels, Metallica, MD 45, Red Lamb, Panic
Instrumen andalan:
bermacam Dean VMNT Signature model; Jackson King V Signature model; ESP DV8 Signature model.


Masa kecil
Dave adalah keturunan Perancis. Di usia 17 tahun, Dave sudah mandiri dan menyewa sendiri apartemen serta mendapat penghasilan sebagai pengedar narkoba. Salah satu pelanggan, Willow, yang bekerja di toko musik, sering tak punya uang jadi untuk menukar narkoba dia tawarkan album seperti AC/DC, Motorhead, dan Judas Priest. Grup-grup itulah yang membentuk seleranya pada heavy metal. Tahun 1970 Dave mulai memainkan piano dan kemudian gitar listrik, terutama B.C Rich, lalu dia gabung dengan band Panic sebentar sebagai lead gitaris.

Metallica
Tahun 1982 Dave meninggalkan Panic untuk gabung dengan Metallica setelah Lars Ulrich memasang iklan di koran lokal ‘The Recycler’ mencari lead gitarist. Dave mengingat pertemuan pertamanya dengan Lars dan James: “Aku di dalam ruangan melakukan pemanasan lalu keluar dan bertanya, ‘Well, aku akan diaudisi kan?’ dan mereka bilang ‘Tidak, kau diterima.’ Betapa mudahnya, dan aku ajak mereka rayakan ini dengan minum bir.”

Karirnya di Metallica tak sampai dua tahun. Menurut John Zazula, pemilik Megaforce Records: “Dave sangat berbakat, namun juga sangat bermasalah dengan alkohol dan narkotika. Jika mabuk dia akan menjadi orang gila, megalomania (selalu menang sendiri/menguasai) yang garang. Anggota band yang lain segera saja tidak tahan dengan kelakuannya. Tentu saja mereka semua minum dan mabuk, tapi Dave lebih banyak, jauh lebih banyak.”

Pernah suatu hari, Dave membawa anjing piaraannya saat latihan, anjing itu lompat ke bak truk Ron McGovney dan menggores catnya, kemudian James menendang anjing itu. Lalu terjadilah kontak fisik antara Dave dengan James dan Ron, serta hinaan verbal kepada Lars. Saat itu Dave mereka pecat, tapi hari berikutnya bergabung lagi setelah minta maaf. Kejadian ini adalah salah satu hal yang paling disesali oleh Dave selama karir bermusiknya (cek liputannya di sini). Di hari lain, ketika latihan di basement rumah Ron, Dave menyiram sekaleng bir pada leher bass Ron hingga bagian pickup-nya, sehingga bass Ron pun mati. Saat itu Ron mengusir 3 anggota Metallica dari rumahnya (sumber : wawancara Shock Waves dengan Ron McGovney lihat di Wawancara Ron McGovney 1997).

Dave dikeluarkan kedua kalinya (dan terakhir kali) oleh Metallica pada 11 April 1983 di New York, beberapa minggu sebelum proses rekaman album pertama mereka. James yang ‘dipilih’ untuk mengatakan hal itu karena Lars tidak mau, sedangkan Cliff anggota terbaru menggantikan Ron McGovney. Mereka angkut barang-barang Dave, mengantarnya ke terminal bus Port Authority, dan membelikan tiket perjalanan 4 hari pulang ke Los Angeles. Dalam perjalanan inilah Dave menulis beberapa gagasan lirik pada selembar pamflet, yang nantinya menjadi lagu ‘Set the World Afire” dari album Megadeth So Far, So Good... So What!

Selama di Metallica, Dave telah beberapa kali tour, menulis beberapa lagu untuk album Kill ‘Em All, yaitu ‘The Four Horsemen’, ‘Jump in the Fire’, ‘Phantom Lord’, dan ‘Metal Militia’. Dia juga ditulis sebagai co-writer untuk 2 lagu yang dikeluarkan di album kedua Ride the Lightning, yaitu ‘Ride the Lightning’ dan ‘The Call of Ktulu’. Lagu ‘The Four Horsemen’ adalah pengembangan oleh James Hetfield dari lagu ‘The Mechanix’ yang diciptakan bertiga Dave, James, dan Lars yang muncul pertama kali dalam demo No Life ‘Til Leather. Beberapa waktu kemudian Dave juga meluncurkan lagu ini di album pertama Megadeth dengan lirik aslinya dan diberi judul ‘Mechanix’. Mustaine juga mengklaim menulis bagian lagu ‘Leper Messiah’ di album Master of Puppets, namun hingga sekarang pernyataan ini tidak ditanggapi oleh Lars dan James.

Sepeninggal dari Metallica, Dave kembali hidup dengan ibunya dan bekerja sebagai telemarketer atas bantuan Robbie McKinney. Dave Mustaine, McKinney, dan Matt Kisselstein, bekerja bersama sebagai telemarketer. Dave kemudian keluar dari pekerjaan itu setelah punya cukup uang untuk pindah ke apartemen di Hollywood. Kemudian Dave ajak McKinney yang main gitar, dan Kisselstein untuk main bass dan membentuk band pertama setelah Metallica: Fallen Angels. Dalam biografinya, Dave menggambarkan “Kami tak punya chemistry, energi, percikan – atau apapun istilahnya – yang menjaga band tetap bersatu.” Kerjasama pun tak berlangsung lama.

Megadeth
Suatu hari Dave Ellefson, bersama Greg Handevidt, mainkan pembukaan bass lagu Van Halen ‘Running with the Devil’ di apartemen di bawah apartemen Mustaine. Dave merasa bising dan hentakkan kaki di lantai serta berteriak agar mereka berhenti. Kemudian dalam kondisi masih mabuk, Mustaine ambil pot tanaman dan melemparnya hingga mengenai AC apartemen mereka. Lalu mereka keluar dan mengetuk pintu Mustaine, minta rokok. Dave menjawab: “Ada toko di ujung jalan,” lalu hempaskan pintu. Beberapa menit kemudian mereka kembali, dan minta Dave belikan bir, kali ini Dave menerima mereka masuk. Malam itu mereka ngobrol soal musik, dan segera saja Mustaine, Ellefson dan Handevidt menjadi teman ngeband.

Karena tidak pede dengan vokalnya, Dave ajak ‘Lor’ Kane (nama aslinya Lawrence Renna) bertukar posisi. Namun Kane tidak bertahan lama, meskipun mendapat kredit sebagai orang yang menganjurkan ganti nama band menjadi Megadeth, karena tahu Dave menulis lagu dengan judul itu. Kemudian muncul drummer pertama, Dijon Carruthers bergabung. Formasi Mustaine, Ellefson, Handevidt dan Carruthers menjadi cikal-bakal Megadeth.

Kehidupan Pribadi
Dave menikah dengan Pamela Anne Casselberry tahun 1991. Dikarunai putra bernama Justis David Mustaine dan putri Electra Nicole Mustaine. Meski pernah terpisah, dia dan Pam rujuk kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar