Pages

Selasa, 12 November 2013

Album St. Anger - 2003



ST. ANGER
Rilis: 
5 Juni 2003
Rekaman: 
1 Mei 2002 – 8 April 2003
Durasi: 
75:01
Label: 
Elektra, Vertigo
Produser: 
Bob Rock, Metallica


Album ini menyumbang 1 penghargaan Grammy Award tahun 2004 kategori Best Metal Performance untuk lagu 'St. Anger'.

Tracks (semua lagu ciptaan James Hetfield, Lars Ulrich, Kirk Hammett, dan Bob Rock):
1.      Frantic (5:50)
2.      St. Anger (7:21)
3.      Some Kind of Monster (8:26)
4.      Dirty Window (5:25)
5.      Invisible Kid (8:30)
6.      My World (5:46)
7.      Shoot Me Again (7:10)
8.      Sweet Amber (5:27)
9.      The Unnamed Feeling (7:10)
10.   Purify (5:14)
11.   All Within My Hands (8:48)

DVD latihan St. Anger (bonus special edition):
1.      Frantic (6:45)
2.      St. Anger (7:37)
3.      Some Kind of Monster (8:40)
4.      Dirty Window (6:24)
5.      Invisible Kid (8:54)
6.      My World (6:09)
7.      Shoot Me Again (7:24)
8.      Sweet Amber (7:24)
9.      The Unnamed Feeling (7:30)
10.   Purify  (5:35)
11.   All Within My Hands (9:37)


Album ini adalah rilis terakhir Metallica melalui label Elektra. Jarak album ini dengan album original (lagu asli) mereka sebelumnya adalah yang terpanjang dalam sejarah Metallica yaitu hampir 6 tahun (meskipun tahun 1998 rilis album cover Garage Inc. dan tahun 1999 rilis album live show S&M). Rencananya album ini dirilis tanggal 10 Juni 2003 namun dimajukan 5 hari karena pertimbangan adanya distribusi tak resmi melalui jaringan berbagi file peer to peer. Album ini juga yang terakhir dikerjakan Bob Rock untuk Metallica.

Sebelum album dikerjakan, Jason Newsted menyatakan mundur dari Metallica pada tanggal 17 Januari 2001. Band belum berniat mencari pengganti Jason, sehingga pada saat proses rekaman St. Anger ini mereka menunjuk sang produser Bob Rock mengisi suara bass. Ini adalah album keempat Metallica yang menggunakan judul lagu sebagai judul album setelah Ride the Lightning, Master of Puppets, dan ...And Justice for All.

Album ini dikenal sebagai perubahan radikal dalam bermusik oleh Metallica, yang menampilkan gaya heavy metal, produksi mentah, dan tanpa gitar solo. Debut album ini memuncaki penjualan di 30 negara, termasuk di US Billboard 200. Seiring penjualan, album ini juga menuai banyak kritikan. Tahun 2004, single ‘St. Anger’ meraih Grammy Award sebagai ‘Best Metal Performance’. Mendapat sertifikat 2x platinum di USA dan laku lebih dari 6 juta kopi di seluruh dunia.

Latar belakang, penulisan dan rekaman
Metallica merencanakan proses rekaman ini sejak Januari 2001 dengan menyewa bekas barak militer di Presidio, San Francisco, California. Gagasannya adalah menyulap tempat itu menjadi studio portable dan mengerjakan jamming di sana. Rencana terpaksa ditunda sebentar karena Jason memutuskan mundur dari band pada 17 Januari 2001, dengan menyebut “alasan pribadi dan kerusakan fisikku saat memainkan musik yang kucintai.” Karena tidak yakin akan nyaman dalam menulis lagu dengan bassist baru, Metallica menunjuk sang produser, Bob Rock sebagai bassist dalam rekaman ini, dan menyatakan akan mencari bassist baru setelah album selesai. Ketegangan antar anggota band dan mundurnya Jason, membuat manajemen Metallica, Q Prime, menyewa seorang terapist untuk mengatasi hal ini. Terapist Phil Towle dibayar $4.000 per bulan selama bertugas hampir setahun menemani band ini.

Bulan Juli 2001, proses rekaman tertahan lagi saat James masuk rehabilitasi untuk kecanduannya pada alkohol dan yang lain. James kembali ke band bulan April 2002 dan hanya boleh bekerja dari jam 12 siang hingga jam 4 sore. Seluruh proses rekaman ini didokumentasikan oleh Joe Berlinger dan Bruce Sinofsky. Selama 2 tahun proses syuting, lebih dari 1000 jam video direkam. Setelah St. Anger diluncurkan, mereka merilis hasil editingnya dengan judul Some Kind of Monster.

James menyatakan tentang album ini: “Itu adalah 2 tahun keterlibatan emosi penuh. Kami lalui perubahan pribadi, perjuangan, iman, ini dalam sekali, secara lirik ataupun musikal. [St. Anger] adalah hal terbaik dari kami saat ini.”

Band sendiri yang menginginkan hasil rekaman mentah, sehingga Bob Rock tidak memolesnya saat mixing. Keinginan itu dikarenakan kedalaman emosi yang mereka rasakan dan ‘tak ingin merusaknya’ dengan memoles. Bob Rock menilai album ini: “Buatku, album ini seperti mendengar empat orang kumpul di garasi dan menulis lagu rock. Hampir tak sempat dapatkan penampilan menawan dari James. Kita menyukai penampilan mentah. Dan juga kami tak lakukan yang orang lain lakukan, apa yang kusesalkan adalah melakukan ‘tuning’ vocal. Kami hanya lakukan rekaman, lalu bum, terjadilah.”

Tentang tidak adanya gitar solo, Kirk Hammett berkomentar: “Kami ingin dengar suara dari kami berempat serasa ngejam bareng. Kami mencoba masukkan gitar solo, tapi selalu hadapi masalah. Selalu terdengar seperti ide telat.” Hammett mengakui dia senang dengan hasil akhirnya. Rock menambahkan, “Kami berjanji kepada diri sendiri hanya akan pertahankan hal yang mempersatukan. Kami tidak ingin terasa teatrikal dengan menambah suara overdub (contohnya: gitar solo - pen).” Namun kemudian hari Kirk cukup shock dengan reaksi fans tentang hilangnya solo gitar ini. Dalam film dokumenter mereka Metallica: Some Kind of Monster, terlihat juga bahwa semua personel (Lars dan Kirk) kini juga terlibat dalam penyusunan lirik lagu, yang sebelumnya hanya menjadi 'wilayah kekuasaan' James Hetfield. Namun dalam album berikutnya, Death Magnetic, lirik kembali diserahkan kepada James. 

Lars sendiri mainkan suara unik untuk drumnya. Dengan mematikan snare pada snare drumnya yang menghasilkan suara lebih berdenting daripada suara drum yang umum di musik rock atau metal. “Suatu hari aku lupa memasang snare. Saat diputar ulang, aku sangat suka dengan suara yang kudengar – ada atmosfer berbeda. Seperti bernyanyi kembali padaku dengan indah,” ungkap Lars.  Menanggapi protes banyak orang tentang suara itu, dia berkata “Itu gila, seperti pikiran yang terkungkung.”

Saat album selesai, Metallica penuhi janjinya dengan merekrut bassist baru, Robert Trujillo, sebagai bassist permanen. Pada 24 Februari 2003 Robert resmi bergabung dengan Metallica. Rob juga muncul dalam video latihan semua lagu album ini dalam DVD yang disertakan dalam paket album.

Gambar sampul
Desain album ini dikerjakan oleh Brian ‘Pushead’ Schroeder, baik eksterior atau pun interior St. Anger. Pushead telah banyak mendesain produk-produk Metallica seperti text dalam album ...And Justice for All, beberapa sampul single, dan banyak T-shirt; namun album ini adalah karya pertamanya sebagai desainer secara penuh untuk band. Aslinya, berdasar situs resmi Metallica, ada 4 variasi warna sampul yang direncanakan, tapi ide itu digugurkan. 4 pilihan sampul ini kemudian dicetak di t-shirt Fan Can V (merchandise resmi yang dirilis khusus untuk anggota Met Club).

Personel
Metallica:
Lars Ulrich – drum
James Hetfield – gitar, lead vocal
Kirk Hammett – gitar, backing vocal

Musisi tambahan:
Bob Rock – bass
Robert Trujillo – bass, backing vocal (diberi kredit sebagai bassist, main di DVD latihan, tapi tidak mengisi suara bass dalam album)


Produksi
Produser oleh Bob Rock dan Metallica
Engineer dan mixing oleh Bob Rock, diasisteni oleh Mike Gillies dan Eric Helmkamp
Digital engineer oleh Mike Gillies
Mastering oleh Vlado Meller
Desain album oleh Metallica
Ilustrasi cover oleh Pushead
Photography oleh Anton Corbijn
Desain produksi oleh Brad Klausen
Ilustrasi St. Anger
Imej James dan Kirk, oleh Matt Mahurin
Imej Lars oleh Forhelvede Productions
Imej Robert oleh Pascal Brun dan Comenius Rothlisberger
Manajemen oleh Q Prime Inc.

DVD Latihan St. Anger
Sutradara: Wayne Isham
Produser: Dana Marshall
Editor: Greg Rodgers dan Gary Rodgers
Sinematografi: Alex Poppas
Cameramen: Jean Pellerin, Mike Hatchet, Dave Hatchet, Colin Mitchell, Ryan Smith, dan Nick Pectol
Gaffer: Logan Lebo
Monitor: Paul Owen
Manajer Produksi: Scott Cunningham
Script supervisor: Connie Isham
Editing tambahan: Jean Pellering dan Tracy Loth, asisten Jason Bridges

Album Death Magnetic 2008 
Album S&M 1999
Demo Metallica  
Metallica Singles dan EP's

Tidak ada komentar:

Posting Komentar