Pages

Selasa, 12 November 2013

Metallica 2011 - 2015


15 Februari 2011, dalam DVD “Lemmy: 49% Motherfucker, 51% Son of a Bitch” yang dirilis pada hari itu, Metallica banyak muncul dalam dokumenter, baik itu video konser ataupun wawancara. Juga masuk dalam DVD extra-nya termasuk latihan dan nyanyikan ‘Damage Case’ serta ‘Too Late Too Late’ dari tour tahun 2009 di Nashville, Tennesse. Juga ada video saat tampil dalam ultah Lemmy Kilmister ke-50, dimana semua anggota Metallica (masih ada Jason) berpakaian ala Lemmy dan memakai wig hitam.

24 Oktober 2011
, dalam DVD-CD set kompilasi “Bridge School – 25th Anniversary”, Metallica muncul dalam versi akustik, termasuk membawakan ‘Disposable Heroes’.

28 Oktober 2011, konser yang sedianya menjadi yang pertama dilakukan di India, dibatalkan. Rencananya Metallica konser dalam rangkaian perhelatan Grand Prix F1 di Leisure Valley, New Delhi, India. Pembatalan ini dilakukan setelah tim manajemen Metallica meninjau venue beberapa hari sebelum konser dan menilai tingkat keamanan untuk band dan penonton tidak terjamin. Sayangnya panitia umumkan pembatalan pada hari H. Penonton sudah terlanjur berkumpul dan akhirnya berujung kerusuhan. Sebagian besar panggung porak-poranda akibat amukan fans yang kecewa.

30 Oktober 2011
, konser pertama kali di India digelar di Bangalore.

01 November 2011
, rilis album “LULU”, kolaborasi dengan Lou Reed di Amerika Utara (sehari sebelumnya rilis di seluruh dunia)

5 Desember 2011
, pentas pertama dari rangkaian show 4 hari dalam rangka 30 tahun Metallica di Fillmore, San Francisco. Show ini khusus untuk anggota Metclub. Mainkan 22 lagu, termasuk It's Electric (Garage inc.), Carpe Diem Baby (ReLoad) dan Hate Train (Beyond Magnetic) yang dimainkan untuk pertama kali secara live. Mereka juga mengundang ke atas panggung anggota Metclub John Dent (nyanyikan Wherever I May Roam), John Marshall (Sad But True), Apocalyptica (No Leaf Clover dan One), Jason Newsted (Harvester of Sorrow dan Damage Inc.), Biff Byford (Motorcycle Man), Sean Harris dan Brian Tatler dari Diamond Head (The Prince, It’s Electric, Helpless, Am I Evil?). Semua tamu diundang untuk mainkan lagu penutup ‘Seek and Destroy’.

7 Desember 2011
, pentas kedua dari rangkaian show 4 hari sebagai peringatan 30 tahun Metallica di Fillmore, SF. Show ini khusus untuk anggota Metclub. Mainkan 21 lagu, termasuk Just A Bullet Away (Beyond Magnetic) dan To Live is To Die (...And Justice for All) yang dimainkan live secara utuh untuk pertama kalinya (sebelumnya lagu To Live is to Die hanya dimainkan sebagian). Mengundang Metclubber Andrew Dowis main gitar bareng dalam lagu Breadfan, Marianne Faithfull (The Memory Remains), Ray Haller (Killing Time), Kid Rock (Turn The Page), John Bush yang pernah ditawari menjadi vokalis Metallica (The Four Horsemen), Lou Reed (Iced Honey, The View, White Light/White Heat), Jason Newsted (Creeping Death, Battery), King Diamond, Hank Shermann, Michael Denner dan Timi Hansen nyanyikan medley Mercyful Fate (medley lagu ‘Satan’s Fall’, ‘Curse of The Pharaohs’, ‘A Corpse Without Soul, ‘Into The Coven’ dan ‘Evil’). Semua tamu diundang untuk mainkan lagu penutup ‘Seek and Destroy’.

9 Desember 2011
, pentas ketiga dari rangkaian show 4 hari sebagai peringatan 30 tahun Metallica di Fillmore, SF. Show ini khusus untuk anggota Metclub. Mainkan 21 lagu, termasuk Hell and Back (Beyond Magnetic) dimainkan live untuk pertama kalinya. Undang ke atas panggung Metclubber Joseph Guariglia dalam lagu Blitzkrieg, Jerry Cantrell (For Whom The Bell Tolls dan Nothing Else Matters), Animal (So What?), Gary Rossington, Pepper Keenan, Jerry Cantrell dan Jim Martin (Tuesday’s Gone), Jason Newsted (Fuel dan Fight Fire with Fire), ex anggota Misfits Glenn Danzig (Die, Die My Darling dan Last Caress/Green Hell), dan ex vokalis Judas Priest, Rob Halford (Rapid Fire). Semua tamu diundang untuk mainkan lagu penutup ‘Seek and Destroy’.

10 Desember 2011
, pentas terakhir dari rangkaian show 4 hari sebagai peringatan 30 tahun Metallica di Fillmore, SF. Show ini khusus untuk anggota Metclub. Mainkan 21 lagu, termasuk Rebel of Babylon (Beyond Magnetic) yang belum diluncurkan saat itu. Undang sepasang suami istri Metclubbers, Dennis dan Annette Diaz, yang pernah menghebohkan situs youtube karena saat pesta pernikahan mereka mainkan ‘Master of Puppets’ (Dennis gitar, Annette ngedrum). Mereka main bersama Metallica dalam lagu Blackened. Undang Bob Rock mainkan Dirty Window dan Frantic; Geezer Butler dari Black Sabbath tampilkan Sabbra Cadabra (termasuk cuplikan A National Acrobat), Iron Man dan Paranoid (dua lagu terakhir Ozzy Osbourne bergabung); Jason Newsted (King Nothing dan full vocalist dalam lagu Whiplash), Hugh Tanner, gitaris band lama James Phantom Lord, mainkan Motorbreath; Dave Mustaine (Phantom Lord, Jump In The Fire, Metal Militia) kemudian mereka bersama Ron McGovney dan Lloyd Grant bawakan Hit The Lights. Pada saat lagu penutup ‘Seek and Destroy’ semua tamu diundang ke panggung untuk main.

13 Desember 2011
, rilis E.P. Beyond Magnetic format digital. Berisi 4 lagu ‘sisa’ yang dikerjakan saat rekam album Death Magnetic. Diluncurkan di Fillmore, SF, bertepatan dengan perayaan 30 tahun band ini. Dalam rilis untuk iTunes, 4 lagu ini dalam versi mix mentah, dan belum final dibandingkan dengan mix di bulan Maret 2008. Anggota MetClub diberikan kode untuk download versi iTunes ini secara gratis setelah pentas di Fillmore.

Januari 2012
, rilis EP Beyond Magnetic dalam format CD.


07 Mei 2012, mainkan secara penuh album Metallica (Black Album) dalam urutan secara terbalik pada European Black Album Tour di Praha, Ceko. Hari Ini ditandai sebagai pertama kalinya lagu My Friend of Misery dimainkan secara live.

23 Juni 2012
, mainkan full album Ride the Lightning termasuk menampilkan untuk pertama kali lagu 'Escape' saat show di Orion Music+ More festival di New Jersey.


30 November 2012, Putus kerjasama dengan Warner Music Group setelah 28 tahun dan luncurkan label milik Metallica sendiri bernama Blackened Recordings. Label ini mengambil alih seluruh produksi dan distribusi semua master rekaman termasuk video berdurasi panjang. Label ini juga mengurus sendiri promosi dan pemasaran produknya. Untuk distribusi wilayah Amerika Utara (USA dan Canada) mereka bekerjasama dengan Rhino Entertainment, sedangkan untuk distribusi internasional mereka bekerjasama dengan Universal Music Group. Lars menyatakan, "Mendirikan Blackened Recordings merupakan langkah penting dalam independensi kami, dimana 100% nasib dan masa depan karya kami bisa kami atur dan kendalikan sendiri."

11 Desember 2012
, luncurkan DVD/Blu-Ray Quebec Magnetic, di bawah label Blackened Recordings.

13 Agustus 2013, 
konser pertama kali di China. Digelar di Mercedes-Benz Arena, Shanghai, selama 2 hari.

21 Agustus 2013
, konser pertama kali di Malaysia, digelar di Merdeka Stadium, Kuala Lumpur.


24 Agustus 2013, konser di Singapore, setelah 20 tahun.

25 Agustus 2013
, konser di Gelora Bung Karno Jakarta, Indonesia, setelah 20 tahun, sejak 1993. Dihadiri lebih dari 50.000 penonton. Bawakan 18 lagu.

24 September 2013
, luncurkan album soundtrack film 3D produksi Metallica: "Through The Never".

27 September 2013
, premiere film 3D "Through The Never".

08 Desember 2013
Konser di kutub selatan. Konser ini disponsori oleh Coca-Cola Company Amerika Latin. Venue adalah kubah yang didirikan di Carlini Base, area Antartika milik Argentina. Penontonnya tak lebih dari 50 orang, terdiri para pemenang kontes yang diadakan oleh sponsor, dan juga para peneliti yang tinggal di sana. Disiarkan langsung secara live streaming di situs coca-cola, namun hanya bisa diakses oleh sebagian warga negara Amerika Latin. Demi kepentingan preservasi alam, show ini tidak menggunakan speaker PA yang biasa mereka gunakan dalam konser. Suara dari soundboard ditransmisikan ke headphone yang dibagikan kepada setiap penonton, namun demikian terdapat 1 speaker kecil sebagai monitor di panggung untuk Kirk Hammett. Membawakan 10 lagu (Creeping Death, For Whom the Bell Tolls, Sad But True, Welcome Home (Sanitarium), Master of Puppets, One, Blackened, Nothing Else Matters, Enter Sandman, Seek and Destroy). Konser ini menandai bahwa Metallica telah melakukan konser di keseluruhan 7 benua di planet ini (Asia, Afrika, Australia, Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara (Kutub Utara termasuk di dalamnya), dan Kutub Selatan).

26 Januari 2014
Tampil dalam perhelatan 56th Annual Grammy Award 2014. Berkolaborasi dengan pianis Lang Lang asal China, membawakan lagu 'One'. Dalam penampilan ini mereka memotong lagu yang normalnya berdurasi 7 menitan menjadi sekitar 6 menit saja, ditambah adu solo antara Kirk dengan Lang Lang. Kirk Hammett mengenakan kaos bergambar Lou Reed sebagai penghormatan. Moment ini disebut oleh rollingstone.com sebagai salah satu Best Moment dalam acara ini http://rol.st/1hH944n.

28 Januari 2014
Luncurkan DVD/Blu-Ray film Metallica: Through the Never.

28 Januari 2014
Film Through the Never menerima penghargaan sebagai "Best 3D Documentary" dari International 3D & Advanced Imaging Society.

30 januari 2014
Lars Ulrich menjawab banyak pertanyaan dalam chatting di forum AMA (Ask Me Anything) yang digelar oleh situs www.reddit.com. cek AMA Lars Ulrich

16 Maret 2014
Tur Metallica By Request ke Amerika Selatan dan Eropa hingga 11 Juli 2014. Dimulai di Bogota, Colombia. Tur ini cukup unik, pertama karena mereka ajak fans yang terpilih untuk berada dekat dengan band dengan berdiri di sisi kanan dan kiri panggung,  dan kedua karena setlist atau susunan lagu dalam konser mereka dipilih oleh para penonton sendiri setelah membeli tiket secara online mereka bisa memilih melalui metallicabyrequest.com. Penonton berhak menentukan 17 lagu dari 18 lagu untuk dimainkan, sedangkan 1 lagu adalah lagu baru Metallica. Dalam tur pertamanya di Bogota, Metallica memainkan lagu baru berjudul 'Lords of Summer'. Cuplikannya bisa anda lihat di bawah ini :



Survey hingga minggu kedua April 2014, tak banyak lagu 'langka' yang muncul atau dipilih. Tercatat lagu langka yang kembali ke setlist adalah Whiskey in the Jar, Unforgiven, dan mungkin dalam tour ini kita akan melihat mereka memainkan (utuh) pertama kalinya lagu The Frayed Ends of Sanity, satu-satunya lagu dari 5 album pertama mereka yang belum pernah dimainkan live secara utuh. Frayed Ends terlihat muncul dalam daftar request konser mereka di Helsinki Finlandia 28 Mei 2014.

01 April 2014
Muncul dalam album kompilasi (tribute to ~ ed) Ronnie James Dio : This is Your Life. Metallica bawakan lagu medley "Ronnie Rising" yang terdiri lagu the Rainbow: A Light in the Black, Tarot Woman, Stargazer, dan Kill the King.
Dengar Ronnie Rising di sini

12 Mei 2014 pentas amal dalam acara MusiCares MAP Fund Benefit Concert berlokasi di Club Nokia, Los Angeles, CA. Pentas ini sekaligus sebagai pentas penghormatan (tribute) untuk Ozzy Osbourne dengan mainkan I Just Want to Celebrate (lagu milik Earth, band Ozzy sebelum Black Sabbath), untuk pertama kalinya mereka pentaskan lagu When A Blindman Cries (cover Deep Purple), In My Life (lagu The Beatles yang jadi favorit Ozzy), dan Diary of A Mad Man (milik Ozzy).

28 Mei 2014
Main di Hietaniemi Beach, Helsinki, Finlandia masih dalam tour Metallica By Request. Mainkan (secara utuh) untuk pertama kalinya lagu The Frayed Ends of Sanity (album ...And Justice for All). Hal ini menandai bahwa semua lagu Metallica dari 5 album awal mereka telah pernah dimainkan secara live. Cuplikan video konser itu dari MetallicaTV di saluran youtube :

28 Juni 2014
Main sebagai salah satu headliners di Glastonbury Festival. Sebuah festival 5 hari yang diadakan sejak tahun 1970. Biasanya diisi bermacam seni seperti tari, teater, sirkus, kabaret dll selain musik rock, hip hop, dance, electronic, reggae, folk. Hari ini menandai Metallica sebagai band heavy metal pertama yang tampil di festival ini. Di konser inilah pertama kalinya fans (tepatnya anggota MetClub) yang sudah diundi "ditempatkan" di atas panggung di belakang drumkit Lars.

03 September 2014
Diumumkan masuk ke buku Guinness World Records edisi 2015 untuk rekor mereka sebagai band pertama dan satu-satunya yang melakukan show di 7 kontinen di planet ini dalam satu tahun.

09 Februari 2015
Corporate Gig kedua setelah main untuk Activision tahun 2010. Main untuk pesta karyawan perusahaan Salesforce.com di Pier 48 San Francisco. Ini adalah pentas kedua Metallica dengan perusahaan ini (sebelumnya dalam konvensi tahunan salesforce.com bertajuk Dreamforce tahun 2011). Perusahaan ini masuk melalui Kirk Hammett, karena hubungan Kirk dengan CEO nya Marc Benioff yang kebetulan adalah tetangganya. Seperti halnya dengan Activision, di konser ini ratusan anggota MetClub diijinkan hadir gratis (melalui proses undian di situs resmi tentunya)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar