Pages

Selasa, 12 November 2013

Album Load - 1996



LOAD
Rilis: 
1 Juni 1996
Rekaman: 
1 Mei 1995 – 1 Februari 1996, di The Plant Studios, Sausalito, California
Durasi: 
78:59
Label: 
Elektra, Vertigo
Produser: 
Bob Rock, James Hetfield, Lars Ulrich


Tracklist:
1.      Ain’t My Bitch (Hetfield, Ulrich) 5:04
2.      2 X 4 (Hetfield, Ulrich, Hammett) 5:28
3.      The House Jack Built (Hetfield, Ulrich, Hammett) 6:38
4.      Until It Sleeps (Hetfield, Ulrich) 4:28
5.      King Nothing (Hetfield, Ulrich, Hammett) 5:29
6.      Hero of the Day (Hetfield, Ulrich, Hammett) 4:21
7.      Bleeding Me (Hetfield, Ulrich, Hammett) 8:18
8.      Cure (Hetfield, Ulrich) 4:54
9.      Poor Twisted Me (Hetfield, Ulrich)  4:00
10.  Wasting My Hate (Hetfield, Ulrich, Hammett) 3:57
11.  Mama Said (Hetfield, Ulrich) 5:20
12.  Thorn Within (Hetfield, Ulrich, Hammett) 5:51
13.  Ronnie (Hetfield, Ulrich) 5:17
14.  The Outlaw Torn (Hetfield, Ulrich) 9:48


Album ini meski memecahkan rekor penjualan minggu pertama (680.000 kopi) dan debutnya menduduki nomor 1 selama 4 minggu di Billboard 200, menuai protes dari sebagian fans nya. Mereka menilai album ini telah bergeser dari gaya awal mereka. Load menampilkan suara lebih nge-blues. Lars Ulrich menanggapi hal ini: “Album ini dan apa yang kami lakukan – menurutku adalah Metallica sebenarnya: bereksplorasi hal baru. Saat aku berhenti eksplorasi, maka aku akan mati.”

Gaya bermusik
Diluncurkan hampir 5 tahun setelah Metallica, album ini menunjukkan band mendekati identitas heavy metal tradisional, dan menjauh dari akar thrash metal mereka. Seluruh lagu berjumlah 14 itu digarap awalnya oleh penulis utama James dan Lars di studio basement rumah Lars, ‘The Dungeon’. Band kemudian membawa sekitar 30-an demo ke The Plant Studios tahun 1995 yang mereka kerjakan selama hampir setahun.

Mengganti riff staccatto, James dan Kirk bereksperimen dengan nada berbasis blues. Ditambah lagi, Lars mengambil pendekatan minimalis dalam rekaman drumnya, meninggalkan kecepatan dan ketukan rumit dobel bass seperti album sebelumnya, dan juga gunakan teknik lebih sederhana dan lebih mainkan style.

James perlihatkan evolusi liriknya, dinilai sebagai lirik paling personal dan introspektif. ‘Until It Sleeps’ ditujukan kepada kekalahan ibunya bergelut dengan kanker, dan ‘Mama Said’ juga tentang hubungannya dengan sang ibu. Hal itu menandai hilangnya isu sosial dan politik seperti di album Master dan Justice.

Dengan durasi 78:59, Load adalah album Metallica terpanjang. Padahal sebenarnya 14 lagu ini durasinya lebih panjang, dan akhirnya ‘The Outlaw Torn’ harus dipotong sekitar 1 menit agar bisa masuk ke album. Versi utuh dari lagu ini diluncurkan dalam side-b single ‘The Memory Remains’ dengan judul ‘The Outlaw Torn (Unencumbered by Manufacturing Restrictions Version)’ dengan durasi 10:48. Sebuah penjelasan diberikan pada sampul belakang single ini:

Saat kami selesaikan album Load, pihak perusahaan rekaman mengatakan kami tak bisa melebihi sedetik pun dari durasi 78:59, atau CD akan mengalami kemungkinan lompat (skipping) saat dimainkan. Dengan 14 lagu kami, ada kelebihan sekitar 30 detik, dan harus ada yang dikorbankan, maka bagian jam keren pada akhir ‘Outlaw’ harus dipotong.

Album CD keluaran Australia menambahkan CD wawancara yang tidak ada di tempat lain.

Gambar Sampul
Judul asli karya seni untuk sampul Load adalah “Semen and Blood III”. Itu adalah foto eksperimen ketiga karya Andres Serrano tahun 1990 dengan mencampur darah sapi dengan air maninya sendiri, kemudian dipres di antara 2 lembar plexiglass. Dalam catatan hanya dikatakan “Cover art by Andres Serrano” tapi judul tidak dicantumkan. Dalam wawancara dengan majalah Classic Rock, James mengungkapkan ketidaksukaannya pada sampul album dan inspirasinya:

“Lars dan Kirk sangat suka seni abstrak, berpura-pura gay. Kurasa mereka tahu itu menggangguku. Ada pernyataan tentang itu. Aku suka seni, tapi bukan yang mengejutkan orang. Kurasa sampul Load hanya kekonyolan. Aku bergaul dengan riasan dan segala kegilaan tolol yang mereka pikir perlu dilakukan.”

Sumber inspirasi sampul album diambil dari videoklip band Godflesh ‘Crush My Soul’, yang mana Serrano menjadi sutradara. Dalam wawancara dengan Hammett, saat ditanya dari mana inspirasi sampul album, Kirk menjawab bahwa dia melihat video di TV-nya, namun mereka tidak mencantumkan kredit untuk Godflesh. Justin Broadrick, frontman Godflesh berkata: “Serrano tak punya hak patennya. Kami akui itu, tapi kamilah yang mengawali, dan sayangnya kami jelas sekali tak mendapat kredit.” Kirk lalu suatu kali memberi Broadrick gitar custom Fender Stratocaster setelah milik Broadrick hilang dicuri saat tur, dan Kirk memuji mereka dengan menyebut sebagai “the heaviest band in existence”.

Logo baru Metallica juga muncul pertama kali di album ini, dengan tampil lebih simpel. Namun huruf M dari logo asli digunakan membentuk simbol mirip bintang ninja juga diakui sebagai logo.

Booklet album ini juga menampilkan hal berbeda, seperti lebih banyak foto oleh Anton Corbijn (dikenal juga sebagai fotografer untuk U2 dan Depeche Mode). Foto-foto itu memperlihatkan band tampil dalam berbagai gaya pakaian, termasuk berkaos kutang putih dengan suspender, Cuban Suits, dan gaya gothic. Sekali lagi James ungkapkan ketidaknyamanannya terhadap perkembangan fashion rekan ngeband-nya, seperti dalam wawancara dengan Classic Rock yang dimuat ulang oleh blabbermouth :

“Lars dan Kirk yang kendalikan album itu. Topik ‘Kita perlu kembangkan diri kita’ muncul. Citra bukan hal buruk buatku, tapi jika citra tidak menunjukkan dirimu, itu tak masuk akal. Kurasa mereka ingin merasa seperti U2, Bono lakukan alter ego (berdandan menjadi/mirip gaya orang lain). Aku tak bisa begitu. Lalu ‘Okay, pemotretan sekarang kita bergaya glam rockers 70an’. Aku katakan setengah, minimal setengah, dari foto-foto yang seharusnya masuk booklet, kubuang. Soal sampul juga, itu bertentangan dengan apa yang kurasakan.”

Lirik dalam booklet tidak utuh untuk setiap lagu, berbeda dengan album sebelumnya yang menampilkan lirik secara utuh.

Personel
James Hetfield – vocal, ritem gitar, gitar akustik pada ‘Mama Said’, outro solo pada ‘The Outlaw Torn’, lead gitar pada beberapa lagu.  
Lars Ulrich – drums
Kirk Hammett – lead, ritem, dan slide gitar
Jason Newsted – bass

Produksi
Bob Rock, James Hetfield, Lars Ulrich – produser
Brian Dobbs, Randy Staub – engineers
Brian Dobbs, Jason Goldstein, Kent Matcke – asisten engineer
Randy Staub, Mike Fraser – mixing
Matt Curry, Mike Rew – asisten mixing
George Marino – mastering
Paul DeCarli – digital editing
Mike Gillies, Chris Vrenna – asisten digital editing
Andie Airfix – desain
Andres Serrano – desain cover

Tidak ada komentar:

Posting Komentar